Hebat! 4 Orang Ini Sukses Jualan Rendang hingga Martabak di Luar Negeri

Diah Afrilian - detikFood Kamis, 26 Agu 2021 18:00 WIB
Hebat! 4 Orang Ini Sukses Jualan Rendang hingga Martabak di Luar Negeri Foto: Instagram/

2. Bakso di Austria

Hebat! 4 Orang Ini Sukses Jualan Rendang hingga Martabak di Luar NegeriHebat! 4 Orang Ini Sukses Jualan Rendang hingga Martabak di Luar Negeri Foto: Instagram/

Selain rendang, bakso juga dikenal sebagai menu olahan daging khas Indonesia yang punya cita rasa nikmat. Berbeda dengan bakso-bakso yang biasa dibuat di Eropa, bakso khas Indonesia ini memiliki ciri khas tekstur yang lebih kenyal dan unik.

Nova Aritonang adalah sosok yang berhasil menjalankan bisnisnya dengan memproduksi bakso khas Indonesia di Austria. Dikenal dengan nama Inong Sam, ibu dari empat orang anak ini mengakui bukan suatu hal yang mudah untuknya membuat pesanan bakso sehari-hari.

Melalui akun YouTubenya yang bernama Inong Sam, Nova seringkali mengunggah momennya saat tengah menyiapkan pesanan bakso yang begitu banyak. Bahkan Nova juga membagikan momennya saat menjelang kelahiran anak keempat dirinya masih membuat adonan untuk 4,5 kilogram bakso sapi.

3. Tempe di Jepang

Hebat! 4 Orang Ini Sukses Jualan Rendang hingga Martabak di Luar NegeriHebat! 4 Orang Ini Sukses Jualan Rendang hingga Martabak di Luar Negeri Foto: Instagram/

Sebagai orang Indonesia yang hidup di Jepang, Eva Melisa tentunya begitu dekat dengan tempe. Jika biasanya di Indonesia dijual dengan harga yang cukup terjangkau, tempe di Jepang justru terbilang lebih mahal. Eva menyampaikan bahwa tempe di Jepang bisa dijualnya hingga lebih dari Rp30 ribu per buah.

Begitu dekat dengan tempe sewaktu di Indonesia membuat Eva sangat selektif terhadap kualitas tempe. Melakukan pencarian supplier yang tepat, Eva baru menemukan pemasok tempe yang rasanya benar-benar mirip dengan tempe di Indonesia dari kawasan Hiroshima.

Banyak sekali teman-teman yang tinggal di sekitarnya selalu memesan tempe pada Eva. Dalam sekali pesanan Eva bisa menerima hingga puluhan kilogram tempe. Jika tempe sudah siap diantarkan Eva juga langsung mengantar sendiri tempe-tempenya tersebut menggunakansepedanya.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com