Mie Instan Jadi Iming-iming Narapidana agar Mau Disuntik Vaksin Covid-19

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 25 Agu 2021 11:00 WIB
Wow! Indonesia Negara Pemakan Mie Instan Terbanyak ke-2 di Dunia Foto: Getty Images/iStockphoto/hxyume
Jakarta -

Penjara ini punya inisiatif unik untuk membuat narapidana mau disuntik vaksin Covid-19. Pihaknya mengiming-iming 10 bungkus mie instan gratis setelah narapidana dapat vaksin dosis pertama!

Daya tarik mie instan memang luar biasa. Selain dikonsumsi sehari-hari oleh masyarakat, para narapidana yang sedang menjalani masa hukuman di balik jeruji besi pun sering mengidam-idamkannya.

Namun karena kehidupan mereka yang serba dibatasi di dalam sel penjara, mendapatkan mie instan bukanlah perkara mudah. Tak setiap waktu mereka bisa menikmati makanan praktis dan enak ini.

Begitu ada kesempatan, para narapidana pun tak mau melewatkan mie instan. Seperti halnya yang terlihat di penjara Benton County Jail yang ada di Washington, Amerika Serikat.

Mie Instan Jadi Iming-iming Narapidana agar Mau Disuntik Vaksin Covid-19Mie Instan Jadi Iming-iming Narapidana agar Mau Disuntik Vaksin Covid-19 Foto: The Olympian

Baca Juga: Iseng Cek BPOM, Netizen Ini Temukan Indomie Goreng Rasa Sambal Mangga

Mengutip Insider (24/8), pihak penjara mengadakan program "Soups for Shots" yang tujuannya mengajak narapidana untuk vaksin Covid-19. Supaya mereka tertarik, pihak penjara memberi iming-iming 10 bungkus mie instan rebus gratis!

Hal ini terlihat dalam poster yang dibuat penjara Benton County Jail. Dengan gambar mie instan yang besar, poster ini juga disertai informasi mengenai cara bagi narapidana mendapatkan mie instan gratis.

"Untuk mendaftar, tinggal kirim permintaan ke bagian medis untuk divaksinasi. Anda akan dapat mie instan setelah menyelesaikan vaksin dosis pertama. Ini berlaku untuk vaksin pertama kali saja," kata pihak penjara.

Sejak penjara Benton County Jail memulai program ini pada awal Agustus 2021, 900 bungkus mie instan sudah dibagikan kepada 90 narapidana. Hal ini disampaikan Scott Souza selaku kepala lembaga pemasyarakatan.

"Kami melakukan semua yang kami bisa lakukan untuk mendorong vaksinasi dan kami mendapatkan respons yang luar biasa," kata Souza.

Wow! Indonesia Negara Pemakan Mie Instan Terbanyak ke-2 di DuniaMie Instan Jadi Iming-iming Narapidana agar Mau Disuntik Vaksin Covid-19 Foto: Getty Images/iStockphoto/hxyume

Baca Juga: 5 Makanan Penjara 'Premium', Ada McD hingga Menu Fine Dining

Penjara Benton County Jail bukanlah satu-satunya penjara yang mengiming-iming narapidana untuk mendapat vaksin Covid-19. Beberapa penjara di Amerika Serikat melakukan inisiatif serupa dengan iming-iming kredit komisi senilai USD 5-10 untuk para narapidana.

Letnan Jared Schechter mengatakan, "Tujuannya adalah untuk mengurangi COVID-19 di penjara sebanyak mungkin. Ini adalah lingkungan pemasyarakatan." Ia tak memungkiri risiko penyebaran Covid-19 sangat tinggi di penjara.

Sebelum kisah narapidana yang berhasil 'dibujuk' vaksin Covid-19 dengan mie instan, di Ghana juga ada fenomena terkait mie instan yang mencuri perhatian.

Penelitian yang dilakukan Star Ghana Foundation menemukan bahwa Indomie, uang digital, dan media sosial menjadi penyebab tingginya kehamilan remaja di Ghana.

Banyak gadis remaja yang dengan santainya merelakan tubuh mereka untuk pria. Syarat dari para gadis remaja itu sangat sederhana, asalkan pria itu mau membelikan mereka Indomie malam hari!

Baca Juga: Percaya Gak Percaya! Wanita Ghana Rela Jual Diri Demi Indomie



Simak Video "Melihat Surga Mie Instan di Jakarta Barat"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com