Konsumsi Buah Segar, Sebaiknya Sebelum atau Sesudah Makan?

Devi Setya - detikFood Selasa, 24 Agu 2021 08:30 WIB
Konsumsi Buah Segar, Sebaiknya Sebelum atau Sesudah Makan? Foto: Getty Images/iStockphoto/Farknot_Architect

2. Makan buah setelah makan berat

Hal yang harus diperhatikan adalah, ketika kamu makan buah setelah makan makanan berat maka buah tidak akan tertimbun dan menyebabkan masalah pencernaan. Nutrisi yang didapat dari buah pun tetap akan dicerna oleh tubuh dengan baik.

Dilansir dari Huffington Post (23/8) seorang ahli gizi dan diabetes asal Amerika Serikat Jill Weisenberger mengungkapkan proses fermentasi buah tidak akan terjadi dalam lambung. Artinya buah tidak akan membusuk dalam lambung ketika dimakan setelah menyantap makanan utama.

Proses pembusukan atau fermentasi terjadi ketika adanya bakteri, sementara di dalam lambung terdapat asam klorida yang dapat membunuh segala bakteri. Jadi tidak benar kalau buah akan membusuk karena tercampur berbagai bahan makanan.

Lebih lanjut, Jill menjelaskan bahwa sistem pencernaan manusia sudah dirancang sedemikian rupa agar mampu memproses berbagai jenis makanan sekaligus. Tidak benar juga anggapan soal makan buah setelah makan dapat menyebabkan perut kembung dan rasa tidak nyaman.

Konsumsi Buah Segar, Sebaiknya Sebelum atau Sesudah Makan?Konsumsi Buah Segar, Sebaiknya Sebelum atau Sesudah Makan? Foto: Getty Images/iStockphoto/Farknot_Architect

3. Dilarang makan buah setelah jam 2 siang

Sebenarnya tidak ada patokan waktu untuk menyantap buah. Buah segar bisa dikonsumsi kapanpun saat sebelum ataupun sesudah makan. Ternyata ada juga mitos yang lebih aneh, orang percaya larangan makan buah setelah jam 2 siang.

Sebuah teori menyebutkan bahwa makan buah setelah jam 2 siang akan meningkatkan kadar gula darah. Efeknya berbahaya bagi penderita diabetes dan disinyalir akan menyebabkan kegemukan. Padahal ini hanyalah mitos belaka.

Hingga saat ini belum ada penelitian soal bahaya kesehatan saat menyantap buah di atas jam 2 siang. Setiap makanan yang mengandung karbohidrat memang akan meningkatkan gula darah saat glukosa diserap tubuh. Namun, bukan berarti gula darah akan melonjak drastis ketika makan buah setelah jam 2 siang.

Buah aman dikonsumsi kapanpun baik saat pagi, siang maupun malam hari.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua


Simak Video "Unik! Kafe Rasa Bali di Bintaro Ini Sajikan Kopi Buah Pala"
[Gambas:Video 20detik]

(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com