Konsumsi Buah Segar, Sebaiknya Sebelum atau Sesudah Makan?

Devi Setya - detikFood Selasa, 24 Agu 2021 08:30 WIB
Konsumsi Buah Segar, Sebaiknya Sebelum atau Sesudah Makan? Foto: Getty Images/iStockphoto/Farknot_Architect
Jakarta -

Berbagai buah segar memang memiliki segudang nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Tapi masih banyak orang bingung kapan waktu terbaik makan buah. Apakah sebelum atau sesudah makan?

Buah segar menawarkan banyak manfaat kesehatan karena mengandung vitamin, mineral hingga serat yang memperlancar sistem pencernaan. Beberapa buah juga berperan aktif menjaga kesehatan, seperti untuk kesehatan kulit mata dan organ tubuh lainnya.

Mitos soal makan buah masih banyak beredar di masyarakat. Banyak orang percaya bahwa makan buah sehabis makan membuat gizi yang masuk ke dalam tubuh akan sia-sia. Buah yang dikonsumsi setelah makan, disebut sia-sia karena akan membusuk. Padahal ini tidak benar.

Dalam Islam, Rasulullah SAW menganjurkan untuk makan buah lebih dulu sebelum menyantap makanan utama. Semasa hidup, Rasulullah SAW mencontohkan menyantap beberapa butir kurma sebelum makan hidangan utama.

Beberapa penelitian mengungkap makan buah ketika perut kosong akan memaksimalkan penyerapan nutrisi. Kendati demikian bukan berarti makan buah sehabis makan makanan utama akan membuat nutrisi buah tidak terserap maksimal.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut penjelasan dan efek makan buah sebelum ataupun sesudah makan:

1. Makan buah sebelum makan

Konsumsi Buah Segar, Sebaiknya Sebelum atau Sesudah Makan?Konsumsi Buah Segar, Sebaiknya Sebelum atau Sesudah Makan? Foto: Getty Images/iStockphoto/Farknot_Architect

Makan buah di pagi hari ketika perut masih kosong diyakini sebagai waktu terbaik. Setelah bangun tidur dan minum segelas air putih, disarankan untuk makan buah. Inilah sebabnya banyak pelaku diet yang menjadikan buah sebagai menu sarapan.

Setelah menyantap buah, disarankan juga untuk memberikan jeda sekitar 30 menit atau 1 jam sebelum mengasup makanan berat. Tujuannya adalah agar buah bisa diproses dalam sistem pencernaan sebelum masuk makanan lainnya.

Beredar mitos bahwa makan buah bersamaan dengan makanan lainnya akan memperlambat sistem pencernaan bahkan membuat makanan membusuk di dalam perut. Hal ini tidaklah benar.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Masak Masak: Tips Bikin Sirup Buah yang Nyegerin"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com