Berat Badan Kim Jong Un Turun Drastis, Warga Korea Utara Dilarang Membahas

Sonia Basoni - detikFood Jumat, 20 Agu 2021 20:00 WIB
This combination of file photos provided by the North Korean government, shows North Korean leader Kim Jong Un at Workers Party meetings in Pyongyang, North Korea, on Feb. 8, 2021, left, and June 15, 2021. Last time when Kim faced rumors about his health, the North Korean leader had walked with a cane, missed an important state anniversary or panted for breath. Now, the 37-year-old faces fresh speculation about his health because he looks thinner noticeably in recent state media images. Independent journalists were not given access to cover the event depicted in this image distributed by the North Korean government. The content of this image is as provided and cannot be independently verified. (Korean Central News Agency/Korea News Service via AP, File) Foto: Korean Central News Agency/Korea News Service via AP, File
Jakarta -

Baru saja dikeluarkan perintah resmi. Kini warga Korea Utara dilarang membahas secara kuas tentang turunnya berat badan Kim Jong Un atau tentang kesehatannya.

Memegang kekuasaan tertinggi di Korea Utara, Presiden Kim Jong Un membuat banyak orang terkejut dengan transformasinya. Lama tidak muncul di depan publik, penurunan berat badan Kim Jong Un membuat banyak orang-orang bertanya tentang kondisi kesehatannya.

Baca Juga: Paling Hobi Makan, Kim Jong Un Pernah Takut Kelaparan hingga Obesitas

Dilansir dari Ladbible (20/08), pemimpin Korea Utara berusia 37 tahun ini tampak lebih tirus dan tubuhnya lebih ramping. Menurut perwakilan dari pemerintahan Korea Utara l Kim Jong Un dalam kondisi yang sangat sehat.

Namun penurunan berat badannya ini terjadi karena Kim Jong Un khawatir dan memikirkan warga Korea Utara. Karena ancaman kekurangan makanan dan wabah kelaparan yang tengah melanda negara itu efek dari pendemi Corona.

Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-Un, kini menjadi sorotan. Bukan karena kebijakannya, melainkan karena penampilannya yang dinilai lebih kurus.Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-Un, kini menjadi sorotan. Bukan karena kebijakannya, melainkan karena penampilannya yang dinilai lebih kurus. Foto: AP

Untuk menghindari orang-orang menuduh Kim Jong Un diet atau tidak makan, pemerintah Korea Utara mengeluarkan larangan. Warga Korea Utara dikarang membicarakan berat badan, hingga kesehatan Kim Jong Un di depan publik atau secara terang-terangan.

Menurut perwakilan Democratic People's Republick of Korea (DPRK), menyebarkan isu hingga kabar tentang turunnya berat badan Kim Jon Un termasuk ke dalam tindakan yang melanggar hukum. Informasi ini didapatkan oleh orang dalam yang memberikan kabar ini ke Radio Free Asia.

"Menurunnya berat badan Kim Jong Un menjadi salah satu topik yang paling banyak dbicarakan para warga. Menurut pemerintah di Chongjin, hal ini termasuk ke dalam tindakan yang melarang hukum. Mereka juga menekankan bahwa Kim Jong Un ini kurus karena memikirkan warga yang kelaparan, bukan karena masalah kesehatan," lanjut orang dalam tersebut.

Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-Un, kini menjadi sorotan. Bukan karena kebijakannya, melainkan karena penampilannya yang dinilai lebih kurus.Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-Un, kini menjadi sorotan. Bukan karena kebijakannya, melainkan karena penampilannya yang dinilai lebih kurus. Foto: AP

"Meskipun sudah dilarang tapi opini publik tetap mengarah bahwa Kim Jong Un mengalami masalah kesehatan," sambungnya.

Sejak beberapa tahun terakhir gaya hidup dan pola makan Kim Jong Un yang terbilang tidak sehat memang sudah menjadi sorotan media inetrnasional. Pemimpin dengan julukan 'Supreme Leader' ini dikenal sangat suka memakan keju Cheddar, yang dipadukan dengan Cognac mahal.

Bahkan ia juga dirumorkan menderita diabetes dan kecanduan merokok. Bahkan beberapa bulan yang lalu, Kim Jong Un sempat dirumorkan meninggal dunia yang membuat satu dunia geger mendengarnya.

"Sebelumnya orang-orang yang di sana yang ketahuan membicarakan kesehatan presiden Korea Utara akan dijemput paksa dan dimasukkan ke dalam penjara. Tapi kini hampir semua orang menyadari tentang perubahan dan kesehatan Kim Jong Un," pungkas sumber tersebut.

Baca Juga: Kim Jong Un Ancam Warga Korea Utara yang Buang-buang Makanan



Simak Video "Masak Masak: Resep Nachos Seafood "
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com