Imbas Pandemi, Komedian Legendaris Ini Sekarang Jadi Pedagang Buah

Diah Afrilian - detikFood Jumat, 20 Agu 2021 16:00 WIB
Imbas Pandemi, Komedian Legendaris Ini Sekarang Jadi Pedagang Buah Foto: The Star
Jakarta -

Pandemi Covid-19 begitu berdampak pada banyak sektor. Bahkan seorang komedian legendaris ini terpaksa alih profesi menjadi pedagang buah.

Dampak pandemi Covid-19 begitu sulit untuk diatasi. Berbagai aktivitas yang terpaksa harus dihentikan membawa banyak dampak negatif dan kerugian bagi semua lapisan masyarakat.

Bahkan banyak pekerjaan yang tidak disangka juga ikut mengalami dampak yang ditimbulkan oleh pandemi ini. Dunia hiburan yang begitu menjanjikan ternyata justru mengalami banyak kerugian ketika pandemi mulai melanda di awal tahun 2020.

Sekelas komedian senior sekalipun harus merasakan sepinya tawaran untuk tampil. Salah satunya dialami komedian senior yang terpaksa alih profesi agar tetap bisa menyambung hidup.

Imbas Pandemi, Komedian Legendaris Ini Sekarang Jadi Pedagang BuahImbas Pandemi, Komedian Legendaris Ini Sekarang Jadi Pedagang Buah Foto: The Star

Mengutip The Star (18/8) komedian legendaris Malaysia, Azlee Jafaar atau lebih dikenal dengan Azlee 'Senario' kini telah banting setir menjadi seorang pedagang buah kaki lima di tepi jalan. Azlee sebelumnya merupakan seorang komedian yang tergabung dalam grup komedi Senario.

Grup komedi yang telah terbentuk sejak 1996 ini ternyata juga tidak bisa lepas dari imbas pandemi yang begitu merugikan. Bahkan di akhir perjalanan karirnya, grup ini masih sempat menerima penghargaan berupa Anugerah Komedi Sepanjang Zaman pada tahun 2014 lalu.

Baca juga: 5 Kisah Model Alih Profesi Jadi Penjual Mie Aceh hingga Gorengan

Sepinya tawaran pekerjaan membuat anggota grup ini terpaksa memutar otak untuk tetap mendapatkan penghasilan dan mencukupi kebutuhan keluarganya. Seperti yang dilakukan oleh salah satu anggotanya yaitu Azlee Jafaar atau biasa dikenal sebagai Azlee 'Senario' yang kini harus banting tulang menjajakan buah dan seafood di tepi jalan.

Menurut pengakuan Azlee, sejak pandemi mulai menyebar dan segala kegiatan shooting maupun pertunjukan lain dihentikan, ia tidak lagi mendapatkan tawaran untuk tampil di dunia hiburan. Komedian berusia 54 tahun itu juga mengatakan bahwa banyak sekali pekerjaan yang melibatkan dirinya ditunda hingga waktu yang tidak bisa ditentukan.

Hingga pada suatu hari kebutuhan akan mencukupi kehidupan sehari-hari membuat Azlee mengambil keputusan untuk mulai berjualan buah dan seafood. Memilih lokasi di tepi jalan utama Bandar Saujana Utama, Selangor, Malaysia, ia mendirikan sebuah kedai dengan tenda sederhana untuk menjajakan dagangannya.

Imbas Pandemi, Komedian Legendaris Ini Sekarang Jadi Pedagang BuahImbas Pandemi, Komedian Legendaris Ini Sekarang Jadi Pedagang Buah Foto: The Star

"Anggota Senario lainnya dan aku seharusnya tengah shooting untuk film kami di Terengganu. Kami sudah merencanakan semuanya, hanya kegiatan shootingnya yang belum dilakukan," kata Azlee.

Komedian kawakan ini juga mengutarakan pembatalan pertunjukan spesial kedua puluh lima Senario yang seharusnya bisa dilakukan pada November mendatang. Belum adanya kejelasan atas pekerjaannya tersebut membuat Azlee tak punya pilihan selain bertahan hidup dengan berjualan buah dan seafood.

"Pertunjukan ke-25 Senario seharusnya dilakukan pada November mendatang tetapi semuanya masih dibatalkan sampai sekarang. Inilah mengapa aku harus berjualan buah-buahan dan seafood. Walaupun untungnya tidak terlalu banyak yang penting aku bisa membeli makanan untuk keluarga dan kebutuhan di rumah," kata Azlee.

Popularitas Azlee yang sudah terkenal sejak zaman dahulu membuat banyak penggemarnya tidak keberatan untuk membantu memasarkan produk Azlee. Azlee mendapatkan cukup banyak perhatian baik dari penggemar maupun rekan sejawatnya.

Bahkan salah seorang pemuka agama di sana, Ustadz Ebit Lew juga membantu untuk membeli beberapa barang yang dijual oleh Azlee. Azlee merasa begitu senang karena ternyata dalam kondisinya seperti sekarang masih banyak orang-orang baik yang ingin membantunya.

"Aku merasa tersentuh saat beliau datang dan memberikanku semangat. Bahkan beliau juga membeli beberapa buah," kata Azlee.

Baca juga: 5 Pilot Alih Profesi Jadi Penjual dan Pengantar Makanan Saat Pandemi



Simak Video "Masak Masak: Resep Bakso Jumbo Beranak"
[Gambas:Video 20detik]
(dfl/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com