Makan Berlebihan Dilarang dalam Alquran, Ini 5 Efek Buruknya untuk Kesehatan

Diah Afrilian - detikFood Jumat, 20 Agu 2021 08:00 WIB
Taurus hingga Aries, 5 Zodiak Ini Paling Hobi Makan dan Kulineran Foto: Istimewa

4. Mengganggu Kinerja Ginjal

Saat lebih banyak makanan yang masuk, maka fungsi organ ginjal akan semakin berat. Ginjal harus bekerja lebih keras untuk menyaring dan mengeluarkan protein atau racun yang berlebih yang masuk melalui asupan makanan.

Ketika makanan masuk terlalu banyak, maka protein sisa makanan akan menumpuk di dalam ginjal. Tumpukan ini dapat berdampak pada munculnya masalah ginjal seperti batu ginjal maupun gangguan lainnya.

5. Mengganggu Metabolisme Tubuh

5 Cara Mudah Detoks Tubuh dalam Sehari Usai Makan Banyak5 Cara Mudah Detoks Tubuh dalam Sehari Usai Makan Banyak Foto: iStock

Saat makan secara berlebih, nutrisi dari makanan yang dimakan dapat menyerang sel yang mengandung RNA-dependant protein kinase (PKR). Sel-sel yang diserang tersebut merupakan sel-sel yang berfungsi untuk melawan bakteri dan virus sehingga ketika se tersebut hilang, metabolisme tubuh dapat terganggu bahkan hingga menghentikan metabolisme tubuh.

Selain itu, gangguan metabolisme dan ketidakseimbangan elektrolit akibat makan berlebihan bisa membuat tubuh menjadi cepat lelah dan mengganggu aktivitas. Berbagai gejala fisik yang yang mengganggu seperti berkeringat, pusing dan demam akan muncul akibat pembakaran kalori yang terlalu besar.

Baca juga: Penjelasan Ilmiah Mengapa Orang Makan Berlebihan, Ini Kata Ahli

Halaman
1 2 3 Tampilkan Semua


Simak Video "Sensasi Dine In 30 Menit Pas PPKM, Gimana Rasanya?"
[Gambas:Video 20detik]

(dfl/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com