Makan Berlebihan Dilarang dalam Alquran, Ini 5 Efek Buruknya untuk Kesehatan

Diah Afrilian - detikFood Jumat, 20 Agu 2021 08:00 WIB
Taurus hingga Aries, 5 Zodiak Ini Paling Hobi Makan dan Kulineran Foto: Istimewa

Selain dalam Alquran dan hadits, larangan untuk makan secara berlebihan ini juga dijelaskan secara medis. Berbagai dampak buruk yang akibat makan berlebihan dapat menimbulkan penyakit yang tidak baik bagi kesehatan.

Berikut ini 5 dampak buruk yang paling berbahaya dari makan berlebihan:

saat sedih orang makan lebih banyakFoto: iStock

1. Menyebabkan Lonjakan Gula Darah

Asupan makanan sangat memengaruhi kadar gula darah yang ada di dalam tubuh. Makan berlebihan menjadi salah satu yang paling berbahaya karena dapat meningkatkan gula darah dengan sangat cepat.

Meningkatnya kadar gula darah dalam tubuh ini harus dihindari. Pasalnya dari lonjakan kadar gula darah berpotensi menimbulkan resistensi insulin yang memicu penyakit diabetes.

2. Meningkatkan Risiko Kanker

Makan berlebihan dapat menyebabkan tumpukan kalori di dalam tubuh. Tumpukan kalori ini menjadi faktor utama penyebab obesitas yang punya banyak efek buruk terhadap kesehatan tubuh.

Makan berlebihan juga diperkirakan oleh para ahli dapat memicu kanker karena meningkatkan produksi estrogen, insulin serta asam lambung secara berlebihan. Makan berlebihan sangat disarankan untuk tidak pernah dilakukan oleh para ahli kesehatan.

3. Mengganggu Kesehatan Mental

Kenapa makan banyak tapi gak gendut?Foto: iStock

Tumpukan kalori yang masuk melalui asupan makanan dapat meningkatkan berat badan dengan sangat cepat. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, orang-orang dengan berat badan berlebih ini akan cenderung memiliki lebih banyak masalah psikologis.

Beberapa orang merasa tidak percaya diri atau bahkanfrustasi untuk mengatasi kalori menumpuk yang berasal dariasupan makanan berlebihan. Bahkan makan terlalu banyak akan merujuk pada kepuasan diri yang akan terus menerus hanya menginginkan untuk makan berlebihan.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Sensasi Dine In 30 Menit Pas PPKM, Gimana Rasanya?"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com