Sedep Miroso! 5 Nasi Rames dari Jawa Tengah Ini Komplet Lauknya

ADVERTISEMENT

Nasi Rames Nusantara

Sedep Miroso! 5 Nasi Rames dari Jawa Tengah Ini Komplet Lauknya

Riska Fitria - detikFood
Kamis, 19 Agu 2021 11:30 WIB
Sedep Miroso! 5 Nasi Rames dari Jawa Tengah Ini Komplet Lauknya
Foto: detikcom

3. Nasi Megono

Sedep Miroso! 5 Nasi Rames dari Jawa Tengah Ini Komplet LauknyaSedep Miroso! 5 Nasi Rames dari Jawa Tengah Ini Komplet Lauknya Foto: iStock/Instagram

Nasi megono merupakan jenis nasi rames dari Jawa Tengah yang populer. Nasi rames ini berasal dari Pantura Jawa Tengah bagian Barat, seperti Pekalongan, Pemalang dan Batang.

Kata 'megono' diambil dari bumbu yang digunakan untuk nasi putihnya. Megono terbuat dari nangka muda yang dicacah sampai menjadi serpihan kecil lalu direbus dan dibumbui.

Nangka muda cacah tersebut kemudian dicampur dengan kelapa parut, kecombrang dan bumbu cabe. Nah, megono inilah yang akan menyedapkan nasi putihnya.

Sementara untuk lauk, nasi megono enak dinikmati dengan tempe mendoan, ikan kering, telur hingga garang asem. Kini penjual nasi megono juga banyak ditemui di Jakarta.

4. Nasi Tumpang Lethok

Sedep Miroso! 5 Nasi Rames dari Jawa Tengah Ini Komplet LauknyaSedep Miroso! 5 Nasi Rames dari Jawa Tengah Ini Komplet Lauknya Foto: JjskKlaten

Nasi Tumpang Lethok merupakan jenis nari rames yang berawal dari Klaten, Jawa Tengah. Nari rames ini berisi nasi putih, telur rebus, sayuran, dan disiram dengan kuah sambal.

Kuah sambalnya berbeda dari yang lain karena dibuat dari campuran cabai, tempe, santan dan bumbu. Jika dilihat dari penampilannya, mirip seperti nasi pecel.

Nasi tumpanglethok ini banyak ditemui di sepanjang Jalan MayorKusmanto hinggaperlimaanBramen. Biasanya warung nasi ini buka pagi hari karena cocok untuk sarapan.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT