Akibat Dibully, Wanita Ini Nekat Diet Ekstrem Hanya Minum Air Putih

Diah Afrilian - detikFood Rabu, 18 Agu 2021 18:00 WIB
Akibat Dibully, Wanita Ini Nekat Diet Ekstrem Hanya Minum Air Putih Foto: YouTube/Gritte Agatha
FOKUS BERITA Kisah Diet Sukses
Jakarta -

Menerima perlakuan tidak menyenangkan, wanita ini nekat diet ekstrem agar lebih ramping. Selama satu bulan ia hanya minum air putih. Alhasil tubuhnya lemas bahkan sampai tak bisa buka pintu!

Standar kecantikan seringkali menyakitkan bagi mereka yang tak bisa memenuhinya. Bentuk tubuh, penampilan wajah, hingga warna kulit tidak pernah dilepas dari olok-olokan ketika tak sesuai dengan standar kecantikan yang berlaku.

Baik disadari maupun tidak, perundungan (bullying) selalu terjadi di sekitar kita. Mungkin kamu juga kerap mendengar temanmu yang memiliki nama panggilan berdasarkan ciri fisiknya.

Efek bullying ini tanpa disadari dapat menyiksa korbannya. Mulai dari hal-hal ekstrem untuk mengubah dirinya hingga gangguan mental mungkin akan dialami korbannya.

Akibat Dibully, Wanita Ini Nekat Diet Ekstrem Hanya Minum Air PutihAkibat Dibully, Wanita Ini Nekat Diet Ekstrem Hanya Minum Air Putih Foto: YouTube/Gritte Agatha

Salah satu korban bullying ini juga mengisahkan cerita hidupnya pada unggahan YouTube Gritte Agatha (13/8). Mengutip video tersebut, Eveline, wanita yang juga aktif membagikan konten di TikTok ini ternyata pernah mendapatkan bullying semasa sekolah.

Bentuk tubuhnya yang lebih berisi seringkali menjadi bahan ejekan teman-temannya saat sekolah menengah pertama maupun saat memasuki SMA.
Eveline atau yang akrab disapa Eve ini bahkan mengatakan dampak dari bullying tersebut masih dirasakannya hingga sekarang.

Baca juga: Tak Tepati Janji Traktir Ayam Goreng, Bocah Ini Dipukuli Temannya

Eve yang mengaku merasa terganggu dengan ejekan teman-temannya itu pun melakukan diet ekstrem untuk mendapatkan tubuh yang lebih ramping dan berhenti dibully oleh teman-temannya. Selama kurang lebih satu bulan, Eve tidak mengonsumsi makanan padat dan hanya mau minum air mineral atau jus saja.

"Jadi aku tuh cuma minum air putih aja sama jus. Pokoknya nggak boleh makan makanan solid (padat), jadi cuma boleh air doang. Susu pun aku nggak minum karena susu kan ada kalorinya," kata Eve.

Akibat Dibully, Wanita Ini Nekat Diet Ekstrem Hanya Minum Air PutihAkibat Dibully, Wanita Ini Nekat Diet Ekstrem Hanya Minum Air Putih Foto: YouTube/Gritte Agatha

Hasil dari diet ekstrem yang dilakukan Eve ini memang cukup menunjukkan hasil yang signifikan. Dikonfirmasi oleh detikcom (16/8), Eve yang saat itu memiliki bobot hingga 84 kilogram berhasil menurunkan berat badannya 10 kilogram setelah menjalani diet air putih atau dikenal dengan istilah water fasting.

Pada satu minggu awal, ia tidak merasakan efek samping mengganggu selain merasa lemas karena tidak mengonsumsi makanan. Namun setelah berjalan selama 20 hari, rasa lemas yang dialami Eve semakin parah. Eve bahkan tidak mampu membuka pintu.

"Pas minggu pertama tuh lemes tapi kayak lemes kurang makan aja lah ya. Nah setelah dua puluh hari bener-bener nggak ada tenaga, buka pintu aja nggak bisa," kata Eve.

Tidak hanya pada saat menjalankan diet, efek samping yang dirasakan oleh Eve ini bahkan masih terasa hingga saat ini. Akibat water fasting yang dilakukannya, Eve yang sebelumnya tidak memiliki masalah dengan penyakit maag kini mengalami maag akut. Eve bahkan tak boleh sedikitpun telat makan akibat gangguan pada lambungnya tersebut.

Akibat Dibully, Wanita Ini Nekat Diet Ekstrem Hanya Minum Air PutihAkibat Dibully, Wanita Ini Nekat Diet Ekstrem Hanya Minum Air Putih Foto: YouTube/Gritte Agatha

Tidak hanya diet untuk menurunkan berat badan, Eve juga melakukan berbagai upaya lain untuk mengubah bentuk tubuhnya. Salah satunya adalah menggunakan kawat gigi untuk merapikan struktur giginya.

Namun upayanya untuk membuat tubuhnya lebih baik dan berhenti dibully justru gagal. Setelah Eve berhasil diet dan memiliki gigi yang rapi, teman-temannya masih saja membullynya hingga Eve tidak tahan lagi.

Eve akhirnya memutuskan untuk berhenti mengubah dirinya yang ternyata tidak mengubah keadaan untuk terus menjadi korban bullying. Menurut Eve tidak ada jalan lain selain ia harus bersuara dan melawan saat dibully karena beragam cara telah dilakukannya hingga menyakiti diri sendiri.

"Untuk kalian yang dibody shaming (diolok-olok tubuhnya) omongan orang lain itu nggak mengubah apa-apa. Mereka nggak tau apa yang udah kalian lakuin dan kalian perjuangin dan mereka ngomong kayak gitu cuma bikin kalian down doang... Jadi jangan bawa ke hati dan fokus ke diri sendiri aja," pesan Eve untuk korban bullying lainnya.

Baca juga: Keren! 5 Orang Ini Sukses Diet Setelah Dibully



Simak Video "Bikin Laper: Pedas Menggugah Dori Sambal Matah"
[Gambas:Video 20detik]
(dfl/adr)
FOKUS BERITA Kisah Diet Sukses

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com