5 Isu Makanan Mengandung Babi yang Bikin Heboh, Hoax atau Benar?

Riska Fitria - detikFood Senin, 16 Agu 2021 17:30 WIB
Heboh Isu KFC Pakai Bahan Mengandung Babi, Ini Klarifikasi LPPOM MUI Foto: iStock
Jakarta -

Dalam dunia kuliner seringkali heboh soal isu adanya kandungan babi pada makanan restoran atau produk makanan. Beruntung isu miring tersebut hanyalah kabar bohong.

Karena mayoritas masyarakat Indonesia adalah kaum muslim, penting bagi restoran atau produk makanan dan minuman yang beredar di Indonesia untuk memiliki sertifikasi halal.

Sebab, umat muslim tidak diperbolehkan makan yang mengandung hal najis. Misalnya mengandung babi baik daging, lemak, minyak atau darahnya. Namun, belakangan ini ramai soal restoran KFC Indonesia yang diisukan mengandung babi.

Kabar tersebut sontak menghebohkan publik, terutama umat muslim. Namun, kabar tersebut hanyalah hoax atau kabar bohong. Isu ini bukan pertama kalinya terjadi di Indonesia.

Sebelumnya juga pernah terjadi pada restoran fast food lainnya. Bahkan bukan hanya restoran, tetapi juga produk makanan, minuman dan produk bumbu masakan. Dan dipastikan bahwa isu itu adalah hoax.

Berikut 5 restoran dan produk yang pernah diisukan mengandung babi:

1. Burger KFC

5 Isu Makanan Mengandung Babi yang Bikin Heboh, Hoax atau Benar?5 Isu Makanan Mengandung Babi yang Bikin Heboh, Hoax atau Benar? Foto: iStock

Beberapa hari lalu restoran fast food KFC Indonesia diterpa isu miring. Ada sebuah pesan yang beredar di media sosial yang mengatakan bahwa KFC menggunakan bahan-bahan yang mengandung minyak babi.

Bahan-bahan tersebut adalah kecap dan mayonaise. Pesan terus kemudian disebar lewat pesan berantai di Whatsapp. Dalam pesan tersebut berisi ajakan umat Islam untuk memboikot gerai KFC Indonesia.

Namun, isu tersebut adalah hoax. Hal itu telah diklarifikasi baik dari pihak KFC dan LPPOM MUI. Bahkan menurut LPPOM MUI, KFC telah mendapat sertifikat halal sertifikat 00160001420999.

Sertifikat itu juga terus diperpanjang hingga 11 Agustus 2023 mendatang. Selain itu, KFC juga telah mengimplementasikan Sistem Jaminan Halal (SJH) dengan baik.

Baca Juga: Heboh Hoax KFC Pakai Bahan Mengandung Babi, Ini Klarifikasi LPPOM MUI

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Ada Nastar Berbentuk Babi, Begini Cara Bikin Cetakannya"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com