Daun Kelor Tertulis dalam Alquran, Ini 6 Manfaatnya untuk Kesehatan

Diah Afrilian - detikFood Kamis, 12 Agu 2021 05:51 WIB
Manfaat Daun Kelor Sebagai Superfood Kaya Khasiat Sehat Foto: Getty Images/iStockphoto/didoi

3. Mencegah Radikal Bebas

Daun kelorDaun kelor Foto: iStock

Paparan polusi, pola makan yang buruk, serta cahaya matahari berlebih dapat membuat radikal bebas masuk ke dalam tubuh. Radikal bebas yang masuk berlebihan dapat merusak sel-sel tubuh dengan mencuri elektron yang menyebabkan stres oksidatif.

Daun kelor memiliki kandungan flavonoid, polifenol dan asam askorbat yang dapat mengatasi radikal bebas. Konsumsi daun kelor secara rutin ini bahkan dapat bermanfaat untuk mencegah penuaan dini.

4. Meredakan Inflamasi

Selain kunyit, daun kelor juga menjadi tumbuhan yang terkenal dengan kemampuannya mengatasi inflamasi. Terutama di masa pandemi virus seperti saat ini, bahan makanan yang memiliki komponen antiinflamasi sangat penting untuk dikonsumsi.

Kadar polifenol yang cukup tinggi dalam daun kelor dan isothiocyanates jika dikonsumsi dengan diseduh menjadi teh dapat membantu meredakan inflamasi di dalam tubuh. Cara kerjanya dengan menekan enzim inflamasi dan protein yang berlebih di dalam tubuh.

5. Mengendalikan Gula Darah

Manfaat Daun Kelor Sebagai Superfood Kaya Khasiat SehatFoto: Getty Images/iStockphoto/didoi

Teh daun kelor sangat disarankan bagi penderita diabetes tipe 2 guna mengendalikan kadar insulin di dalam tubuh. Daun kelor diketahui sangat efektif untuk mengurangi lipid dan kadar glukosa.

Pada studi klinis yang pernah dilakukan, teh daun kelor ini juga menunjukkan fungsi therapeutic akibat kadar antioksidannya yang tinggi. Bahkan pada penelitian yang dilakukan pada hewan, daun kelor juga bermanfaat untuk menurunkan berat badan dan mengatasi resistensi insulin.

6. Menyehatkan Pencernaan

Daun kelor mengandung 30% serat yang sebagian serat merupakan serat terlarut. Serat jenis ini menjadi serat yang sangat dibutuhkan untuk menjaga pencernaan agar tetap lancar dan sehat.

Daun kelor juga memiliki manfaat sebagai antibiotik dan antibakteri alami yang dapat mencegah pertumbuhan patogen merugikan dalam saluran pencernaan. Konsumsi teh daun kelor menjadi cara yang diakui lebih mudah untuk membantu mengatasi gangguan pada pencernaan seperti colitis dan dapat meningkatkan keragaman bakteri baik di dalam usus.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Gelar Lomba Masak Daun Kelor, Istri Gibran: Ada Edukasinya"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com