5 Sajian Tahun Baru Islam yang Penuh Makna, Bubur Suro hingga Ayam Ingkung

Devi Setya - detikFood Rabu, 11 Agu 2021 14:00 WIB
Jokowi makan ayam ingkung Foto: iStock
Jakarta -

Dalam perayaan Tahun Baru Islam, umat muslim di beberapa daerah membuat makanan khas. Ada bubur suro, ayam ingkung hingga kue apem yang penuh makna.

Tahun Baru Islam 1 Muharram atau 1 Suro diisi dengan doa dan pengharapan agar kehidupan semakin lebih baik. Di Indonesia, ada tradisi yang selalu dilakukan saat merayakan momen Tahun Baru Islam. Salah satunya melibatkan makanan sebagai simbol tradisi penuh makna.

Bagi masyarakat Jawa, kurang lengkap rasanya kalau merayakan Tahun Baru Islam tanpa menghadirkan bubur Suro. Bubur penuh makna ini hanya dibuat saat Tahun Baru Islam atau dikenal juga dengan sebutan Suro.

Bukan sekedar bubur nasi biasa, bubur ini punya filosofi mendalam baik dari buburnya maupun lauk pelengkapnya. Selain bubur Suro, ada juga masyarakat yang menghadirkan ayam ingkung, kue apem hingga bubur tujuh macam milik masyarakat Bugis.

Berikut ini 5 sajian Tahun Baru Islam yang penuh makna:

1. Bubur Suro

5 Fakta Menarik Bubur Suro untuk Merayakan Tahun Baru Islam5 Sajian Tahun Baru Islam yang Penuh Makna, Bubur Suro hingga Ayam Ingkung Foto: detikcom


Masyarakat di beberapa daerah tak pernah absen membuat dan menyajikan bubur Suro saat Tahun Baru Islam. Beberapa masyarakat Jawa hingga Sumatera seperti Tuban, Madura, Cirebon, Jogja, Semarang hingga Aceh

Sajian bubur Suro merupakan lambang rasa syukur kepada Yang Maha Kuasa atas berkah dan rezeki yang diperoleh. Bubur Suro terdiri dari bubur nasi yang disajikan dengan berbagai lauk pelengkap. Tidak ada pakem khusus untuk bubur Suro karena beberapa daerah memiliki varian berbeda untuk bubur Suro.

Biasanya bubur suro disajikan dengan berbagai pelengkap, seperti telur, aneka jenis kacang, telur dan serundeng kelapa. Setiap komposisi bubur Suro memiliki makna, seperti bubur nasi yang melambangkan kesucian.

Kedelai hitam yang menjadi topping melambangkan watak yang setia dan berbuat baik dengan menaati anjuran sesepuh. Sementara ada juga tujuh macam kacang melambangkan jumlah hari dalam seminggu.

Telur ayam kampung melambangkan hidup bermasyarakat. Serundeng kelapa melambangkan filosofi pohon kelapa yang setiap bagiannya memiliki makna dan berguna. Harapannya agar manusia bisa beradaptasi dan berguna bagi masyarakat

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Ramadhan Tiba, Bubur Suro Kembali Disajikan di Masjid Astana Sunan Bonang"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com