Kacau! Sipir Penjara Ini Coba Selundupkan Narkoba dalam Rice Krispies

Diah Afrilian - detikFood Sabtu, 07 Agu 2021 18:00 WIB
Kacau! Sipir Penjara Ini Coba Selundupkan Narkoba dalam Rice Krispies Foto: Istimewa
Jakarta -

Berbagai cara menyelundupkan narkoba banyak dilakukan. Bahkan sipir ini tertangkap basah hendak menyelundupkan narkoba untuk narapidana dalam sekantong rice krispies!

Peredaran narkotika dan obat-obatan terlarang masih menjadi rantai kriminalitas yang sulit diatasi. Peredarannya yang tersembunyi seringkali menggunakan banyak cara yang cukup sulit untuk diketahui pihak berwajib.

Penyelundupan narkoba melalui makanan, barang, atau bahkan ditelan dan disimpan di dalam tubuh juga mungkin saja dilakukan. Harga jual yang mahal membuat banyak orang tergiur untuk mengedarkannya.

Bahkan seorang sipir penjara sekalipun tak lepas dari hal tersebut. Seperti yang berhasil digagalkan, seorang sipir penjara ini tengah berusaha untuk menyelundupkan narkoba dalam sebuah makanan.

Kacau! Sipir Penjara Ini Coba Selundupkan Narkoba dalam Rice KrispiesKacau! Sipir Penjara Ini Coba Selundupkan Narkoba dalam Rice Krispies Foto: Istimewa

Mengutip Huffpost (2/7), seorang sipir atau penjaga penjara tertangkap basah menyelundupkan empat butir amphetamine dan dextroamphetamine untuk salah satu narapidana. Marcy Shaffer, sipir penjara berusia 43 tahun ini harus mengakhiri karirnya setelah penemuan barang bukti tersebut.

Baca juga: 5 Makanan Ini Dipakai Untuk Penyelundupan Narkoba

Penemuan camilan yang terbuat dari beras dan menyerupai rengginang tersebut bahkan membuat Shaffer berhenti bekerja dan harus dipenjara. Barang bukti tersebut ditemukan ketika Shaffer menerima sebuah kemasan camilan yang dibungkus dengan plastik putih transparan tetapi ada suatu bentuk yang dicurigai di dalam camilan tersebut.

Menurut keterangan dari pihak yang menangani hal ini, narkoba tersebut akan diantarkan menuju penjara wanita di Carolina Selatan. Shaffer ditangkap tepat ketika ia mencoba mengirim paket tersebut masuk ke Camille Grahan Correctional Institution.

Kacau! Sipir Penjara Ini Coba Selundupkan Narkoba dalam Rice KrispiesKacau! Sipir Penjara Ini Coba Selundupkan Narkoba dalam Rice Krispies Foto: Istimewa

Pasalnya pil narkoba yang berwarna oranye tersebut memiliki warna yang cukup mencolok sehingga mudah terlihat dari permukaan luar camilan yang menyelimutinya. Posisi pil amphetamin dan dexamphetamine yang sedikit menonjol pada permukaan juga membuat pemeriksa menjadi lebih mudah untuk mendeteksinya.

Amphetamin dan dexamphetamine ini diketahui seringkali disalahgunakan dan menjadi jenis narkoba yang juga banyak diedarkan. Kedua jenis pil ini dalam keperluan medis biasanya digunakan untuk mengatasi gangguan hiperaktif dan membantu penyintasnya untuk bisa lebih berkonsentrasi.

Akibat hal ini, Shaffer didakwa atas kepemilikan narkoba. Tak hanya itu ia juga dituntut pasal berlapis karena tertangkap tangan tengah mendistribusikan barang selundupan dan penyalahgunaan jabatan yang dimilikinya.

Shaffer yang tidak memiliki kuasa hukum akhirnya harus menjalani dakwaan di persidangan tanpa pembelaan. Saat ini pengadilan untuk kasus Shaffer masih berlanjut dengan penguatan barang bukti lain yang sedang diproses oleh pengadilan.

Menurut peraturan yang berlaku, jika semua tuduhan tersebut terbukti, Shaffer harus siap dihukum selama 1 hingga 10 tahun penjara. Ancaman hukuman tersebut hanya berasal dari penyelundupan barang ilegal dan belum termasuk hukuman akibat penyalahgunaan jabatan yang ia lakukan.

Baca juga: PPKM Darurat Ketat, Netizen Beli Makanan Kayak Beli Narkoba



Simak Video "Renyahnya Rengginang Kekinian dengan Aneka Rasa"
[Gambas:Video 20detik]
(dfl/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com