Aplikasi Makanan Online Error, Pelanggan Dapat Tagihan Fantastis

Devi Setya - detikFood Jumat, 06 Agu 2021 15:30 WIB
Aplikasi Limbah Makanan Olio Foto: Techcrunch
Jakarta -

Sebuah aplikasi layanan pengiriman makanan online mengalami gangguan. Beberapa pelanggan mendapat tagihan biaya makanan dalam jumlah fantastis. Waduh!

Layanan pengiriman makanan online memang sangat diandalkan saat ini. Tapi terkadang karena banyaknya orang yang mengakses, aplikasi online ini kerap mengalami gangguan. Seperti yang dialami aplikasi layanan pengiriman makanan di Jepang.

Dilansir dari Sora News (4/8) Demae-can merupakan salah satu layanan pengiriman makanan terbaik di Jepang. Beberapa waktu lalu, aplikasi layanan online ini mengalami gangguan sistem pembayaran.

Semangat Antar Pesanan saat Hujan Deras, Pengantar Makanan Ini Dihadiahi MotorAplikasi Makanan Online Error, Pelanggan Dapat Tagihan Fantastis Foto: iStock

Ada sejumlah pelanggan yang mengeluhkan gangguan ini karena menerima tagihan biaya makan dengan jumlah fantastis padahal tak memesan makanan. Curhatan para pelanggan ini sempat menghebohkan pengguna media sosial.

"Saya ditagih 60.000 yen (Rp 7,8 juta) sekarang. Saya serasa akan mati. Saya menerima pesan sepihak yang memberitahu saya untuk membayar dalam waktu dua minggu karena kesalahan pembayaran," curhat pengguna media sosial yang mengalami masalah dengan aplikasi Demae-can.

Pada 30 Juni, aplikasi layanan makanan online ini diketahui mengalami error. Pelanggan ada yang menerima tagihan biaya makanan, namun ada juga yang menerima pengembalian uang dan secara tidak langsung mendapat makanan gratis.

Pihak Demae-can menyatakan bahwa sementara waktu, sebagian pesanan yang dilakukan melalui aplikasi pembayaran operator ponsel mengalami kesalahan dalam sistem. Hal ini membuat operator mengembalikan atau membatalkan biaya apa pun.

Kesalahan sistem ini berlangsung pada periode Agustus 2018 hingga April 2021. Banyak pelanggan yang mengeluhkan soal kesalahan sistem pembayaran ini, mengapa dalam periode yang terbilang lama, pihak managemen Damae-Can tidak melakukan perbaikan.

Bagi pelanggan yang menerima pengembalian uang, rencananya Damae-Can akan membuat rincian tagihan. Namun belum jelas bagaimana teknisnya karena periode kerusakan sistem ini sudah berjalan selama tiga tahun.



Simak Video "Galendo, Makanan Khas Ciamis Terbuat dari Saripati Minyak Kelapa"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
dMentor
×
Mulai Bisnis Ala Sandiaga Uno
Mulai Bisnis Ala Sandiaga Uno Selengkapnya