Pandemi Bikin Pedangdut Cantik Ini Pilih Jadi Petani Daun Bawang

Devi Setya - detikFood Kamis, 05 Agu 2021 10:30 WIB
Pandemi Bikin Pedangdut Cantik Ini Pilih Jadi Petani Daun Bawang Foto: youtube capcapung
Jakarta -

Pandemi corona membuat banyak orang beralih profesi dalam pekerjaannya. Termasuk pedangdut cantik yang kini memilih jadi petani sayuran.


Adalah Novi Listiana, wanita cantik dan muda yang awalnya berprofesi sebagai penyanyi dangdut. Namun sejak pandemi corona melanda, Novi memilih menjadi petani. Kini ia justru bangga dengan pekerjaannya saat ini.

Lewat channel youtube Capcapung, Novi menceritakan pengalamannya menjadi petani sayuran. Salah satu alasannya beralih profesi karena pandemi corona, selain itu ia juga bosan mendengar cemooh masyarakat soal pekerjaannya menjadi penyanyi dangdut.

Pandemi Bikin Pedangdut Cantik Ini Pilih Jadi Petani Daun BawangPandemi Bikin Pedangdut Cantik Ini Pilih Jadi Petani Daun Bawang Foto: youtube capcapung

"Bosan diomongin masyarakat, bilang katanya penyanyi dangdut pakaiannya terbuka, jam kerjanya malam, uangnya juga dibilang haram," ujar Novi dalam video yang diunggah 23 Juli 2021 ini.

Novi memilih beralih profesi setelah menikah dan diajak sang suami untuk bertani. Apalagi ia juga mengalami penurunan drastis pada pendapatannya karena larangan berkerumun saat pandemi corona.

Di lahan yang berada di kaki gunung Merbabu ini, Novi setiap hari pergi ke sawah untuk merawat sayuran yang ia tanam.

"Awalnya sama sekali nggak bisa, tapi diajari sama suami. Sedikit-sedikit jadi bisa. Meskipun lahannya cuma segini, nggak luas tapi saya bahagia jadi petani," kata Novi yang kini berhijrah dan mengenakan hijab.

Sibuk di sawah yang berada di Boyolali, Jawa Tengah ini, Novi kini justru dipandang sebagai wanita yang lebih baik. "Alhamdulillah sekarang jadi petani, saya senang, saya bahagia. Nggak ada omongan orang lagi, sekarang lebih positif," ujar Novi yang sudah menjadi penyanyi dangdut sejak 2014 ini.

Sayuran yang ia tanam terdiri dari dua jenia yakni sayuran organik dan sayuran yang diberi pupuk kimia. Namun kedepannya ia berharap bisa 100 persen menanam sayuran organik.

Kini di sawahnya, Novi menanam daun bawang, brokoli hingga sawi. Saat panen, sayurannya akan dibawa ke pasar untuk dijual.

Pandemi Bikin Pedangdut Cantik Ini Pilih Jadi Petani Daun BawangPandemi Bikin Pedangdut Cantik Ini Pilih Jadi Petani Daun Bawang Foto: youtube capcapung

Meski masih muda, Novi mengaku sama sekali tidak malu bekerja sebagai petani. "Enak jadi petani, setiap hari saya berangkat jam 05.15 pagi, pemandangannya bagus sekali, ini sudah membuat bahagia. Apalagi lihat tanaman hijau-hijau seperti ini pasti bahagia. Buat petani, apalagi saat panen pasti tambah senang," kata Novi sambil tertawa.

Novi berpesan pada anak muda yang masih gengsi bertani, ia mengatakan agar tak malu bertani. "Buat petani muda, kita harus bangga menjadi petani. Daripada kita menjadi beban orang tua lebih baik kita berkarya, menciptakan ide-ide baru, hal-hal baru dalam pertanian agar pertanian Indonesia semakin maju," pungkas Novi.



Simak Video "Bikin Laper: Terkenalnya Bakso Theresia yang Autentik"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com