Creamy Lemonade Tren di TikTok, Begini Cara Bikinnya

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Kamis, 05 Agu 2021 12:30 WIB
Creamy Lemonde Tren di TikTok, Begini Cara Bikinnya Foto: TikTok Feel Good Foodie/Hailee/amali
Jakarta -

Resep makanan dan minuman menarik kerap dibagikan di TikTok, termasuk creamy lemonade. Minuman segar ini dibuat dari lemon dan susu sebagai bahan utama, begini cara buatnya.

Lemonade adalah minuman asam segar yang populer di Amerika Utara. Lemonade dibuat dari jus lemon segar dengan campuran air soda dan simple syrup atau madu.

Lemonade paling enak dinikmati dingin, biasanya jadi suguhan populer saat musim panas. Membuat lemonade pun terbilang mudah karena tinggal mencampurkan semua bahan jadi satu.

Creamy Lemonde Tren di TikTok, Begini Cara BikinnyaCreamy Lemonde Tren di TikTok, Begini Cara Bikinnya Foto: TikTok Feel Good Foodie

Di TikTok kini tengah populer resep lemonade, namun bukan lemonade biasa. Namanya Creamy Lemonade karena dibuat dengan tambahan susu kental manis.

Dilihat detikfood (30/7), tagar creamy lemonade bahkan sudah dilihat lebih dari 19.3 juta kali. Banyak TikToker membagikan dan mencoba resep minuman segar ini.

Salah satunya dibagikan @Feel Good Foodie (18/7). Terlihat ia memeras air lemon ke dalam jug. Kemudian ia menambahkan gula pasir dan susu kental manis. Campuran ini diaduk rata lalu ditambahkan irisan lemon segar.

Jangan lupa tambahkan es batu dan air. Creamy lemonade pun siap disantap. "Minuman ini sangat menyegarkan, creamy, dan sangat enak," komentar Yumna Jawad, sosok di balik Feel Good Foodie.

Di kolom komentar ia meninggalkan resep creamy lemonade yang dipakai. Ia menggunakan 4 buah lemon (peras, ambil airnya), 1/4 cup (32 gram) gula pasir, 1/4 cup (32 gram) susu kental manis, 2 buah lemon (iris tipis), 2 cup es batu, dan 2 cup (473 ml) air.

Creamy Lemonde Tren di TikTok, Begini Cara BikinnyaCreamy Lemonde Tren di TikTok, Begini Cara Bikinnya Foto: TikTok Feel Good Foodie

Dikutip dari Fox News (30/7), Jawad berujar penambahan susu kental manis adalah kunci kelezatan minuman ini. "Tekstur creamy mengubah rasa lemonade menjadi lebih 'mellow' dan manis, tapi dengan sentuhan rasa buah citrus yang menyegarkan. Menurut saya lebih seperti creamsicle rasa lemon," ujarnya.

TikToker lain juga banyak yang membuat resep creamy lemonade dengan tambahan buah lain seperti raspberry dan strawberry.

Selain menambah aksen segar, buah ini juga membuat tampilan creamy lemonade makin cantik dengan warna merahnya.

Ada juga yang membuat creamy lemonade berwarna ungu karena dicampurkan teh bunga telang dalam racikannya. Bagi yang mau lebih sehat, mereka mengganti susu kental manis dengan susu nabati seperti coconut milk.

Creamy Lemonde Tren di TikTok, Begini Cara BikinnyaCreamy Lemonde Tren di TikTok, Begini Cara Bikinnya Foto: TikTok amali

Creamy lemonade memang bisa dibuat dengan bahan apa saja sesuai selera, namun prinsip pemakaian lemon dan susu menjadi yang utama. Sebab tekstur creamy dan rasa asam lemon harus ada dalam minuman ini.

Sebelum tren di TikTok, minuman serupa creamy lemonade sebenarnya sudah lebih dulu dikenal di Brasil dan Republik Dominika. Minuman ini bernama Limonada Suiça dan Morir Soñando. Bahan utamanya sama, buah citrus dan susu.

Yuk, coba bikin creamy lemonade dengan ikuti video TikTok di bawah ini!

@feelgoodfoodie

This is lemonade on another level! Just add sweetened condensed milk to your lemonade recipe and enjoy! 🍋 #creamylemonade #summervibes #lemonade

♬ original sound - Feel Good Foodie


Simak Video "Akhiri Dahaga Puasa Hari Ini dengan Es Lemon Kolang-kaling"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com