Miris! Pria Ini Diam-diam Bongkar Tempat Sampah demi Mencari Sisa Makanan

Sonia Basoni - detikFood Rabu, 04 Agu 2021 13:30 WIB
Miris! Pria Ini Diam-diam Bongkar Tempat Sampah demi Mencari Sisa Makanan Foto: Ak Ang Facebook
Jakarta -

Tak punya uang untuk membeli makanan, pria ini diam-diam bongkar tempat sampah di malam hari. Ia mencari sisa-sisa makanan untuk mengganjal perutnya.

Selain di Indonesia, negara tetangga seperti Malaysia juga tengah berjuang melawan pandemi COVID-19 yang tak kunjung berakhir. Ketatnya peraturan pemerintah menerapkan pembatasan sosial seperti MCO, membuat banyak orang kehilangan pekerjaan hingga merugi.

Dilansir dari Redchili21 (04/08), banyak warga Malaysia yang datang dari keluarga tak mampu harus kelaparan karena tak memiliki uang untuk makan. Fenomena ini juga diperkuat dengan foto-foto viral seorang pria mencari sisa-sisa makanan di tempat sampah.

Foto ini pertama kali diunggah oleh pengguna Facebook bernama Ak Ang. Ia menceritakan pengalamannya, ketika tak sengaja melihat seorang pria tengah mencari makanan di tempat sampah tepat di malam hari.

Miris! Pria Ini Diam-diam Bongkar Tempat Sampah demi Mencari Sisa MakananMiris! Pria Ini Diam-diam Bongkar Tempat Sampah demi Mencari Sisa Makanan Foto: Ak Ang Facebook

Awalnya Ang tak sadar dengan kehadiran pria itu, tapi anjing peliharaannya tak berhenti menggonggong. Ia akhirnya melihat ada pria asing yang tengah sibuk membongkar tempat sampah di sana. Pria itu tampak mencari kotak-kotak makanan yang sudah bercampur dengan sampah di sana.

Baca Juga: Miris! 5 Negara Ini Warganya MasihMengais Sisa Makanan di Tempat Sampah

Seperti kotak makanan dari KFC, kotak makanan bekas nasi atau sayuran. Sebelum pergi, pria itu tak hanya membawa satu kotak makanan saja tapi beberapa kotak makan lainnya.

"Saya ingat beberapa waktu yang lalu, ada pasangan keturunan China yang juga mencari sisa-sisa makanan di tempat sampah. Mereka tidak berani datang di pagi hari, hanya di malam hari. Saya rasa mungkin mereka merasa malu melakukan hal ini. Jujur hati saya sangat sedih melihat mereka mencari sisa makanan di tempat sampah," tulis Ang.

Miris! Pria Ini Diam-diam Bongkar Tempat Sampah demi Mencari Sisa MakananMiris! Pria Ini Diam-diam Bongkar Tempat Sampah demi Mencari Sisa Makanan Foto: Ak Ang Facebook

Ang menuturkan bahwa dia sempat berusaha mengejar pria malang itu. Pria itu mengaku bahwa dia berhasil menemukan beberapa keping biskuit yang sudah kedaluwarsa.

"Setelah saya berbicara dengannya, saya yakin dia bukan pecandu narkoba. Dia tampak tulus dan jujur. Dia bukan pencuri, dia hanya mengais sisa makanan dari tempat sampah. Akhirnya saya kembali ke rumah dan memberikannya beberapa biskuit serta uang tunai. Waktu itu kejadiannya pukul 3:30 pagi," ungkap Ang.

Unggahan Ang ini membuat banyak netizen lebih bersyukur atas kondisi yang mereka jalani saat ini. Banyak yang menekankan pentingnya untuk menghargai setiap makanan. Karena tidak semua orang memiliki kesempatan untuk menyantap makanan yang layak.

Miris! Pria Ini Diam-diam Bongkar Tempat Sampah demi Mencari Sisa MakananMiris! Pria Ini Diam-diam Bongkar Tempat Sampah demi Mencari Sisa Makanan Foto: Ak Ang Facebook

"Di waktu sulit seperti pandemi sekarang, saya juga pernah mengalami hal serupa ketika belanja di pasar. Melihat beberapa orang mencari makanan di tempat sampah. Sangat menyedihkan!" komen netizen.

"Ketika yang lain sedang berusaha untuk bertahan hidup dengan mencari makanan di tempat sampah. Tapi di sisi lain, banyak yang menghambur-hamburkan uang bahkan rela mengantre berjam-jam demi BTS Meals di McDonald's," sindir salah satu netizen.

"Seharusnya pemerintah membuka bank makanan. Jadi setidaknya orang-orang yang membutuhkan bisa mendapatkan makanan yang layak. Di waktu yang sama pemerintah juga bisa membantu bisnis makanan untuk berkembang," saran netizen lainnya.

Sebelumnya kejadian serupa juga pernah dibagikan pengguna Facebook asal Ipoh, Malaysia. Ia tak sengaja melihat seorang kakek tengah mencari makanan di dalam tempat sampah.

Baca Juga: Miris! Kakek Ini Pungut Sisa Makanan dari Tempat Sampah



Simak Video "Cukup Bayar Rp 2.000, Bisa Makan Sepuasnya di Warung Ini"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com