Mie Paling Endes

7 Olahan Mie Paling Populer di Asia Versi TasteAtlas, Ini Daftarnya!

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 04 Agu 2021 16:00 WIB
7 Olahan Mie Paling Populer di Asia Versi TasteAtlas, Ini Daftarnya! Foto: Getty Images/Rouzes
FOKUS BERITA Mie Paling Endes
Jakarta -

TasteAtlas menobatkan 7 olahan mie ini sebagai yang terpopuler di Asia. Ada mie khas China, Singapura, dan tentu saja Jepang. Ini daftarnya!

Mie jadi salah satu makanan pokok orang Asia. Tak heran, banyak negara Asia memiliki olahan mie khas yang terkenal enak dan mendunia.

Masing-masing mie ini memiliki ciri khas. Dibuat dengan bumbu dan paduan bahan berbeda yang membuat rasanya istimewa.

TasteAtlas, situs asal Kroasia yang fokus mengulas makanan tradisional di seluruh dunia, mengeluarkan daftar olahan mie populer di Asia. Ada banyak olahan mie yang masuk, namun 7 berikut merupakan yang teratas.

Di dalam daftar ini, salah satunya ada ramen yang terkenal dari Jepang. Mie ini punya sejarah panjang, berawal dari kreasi orang China dengan paduan kuah gurih.

Lalu ada juga laksa yang populer di Malaysia, Singapura, dan Indonesia. Juga pad thai yang mendunia sebagai makanan nasional Thailand.

Berikut 7 olahan mie paling populer di Asia versi TasteAtlas:

7. Chow Mein

Dari China, ada chow mein yang populer. Berupa olahan mie goreng yang konon berasal dari China Utara. Ada beberapa variasi chow mein yang dikenal di negeri tirai bambu, namun cara menyiapkan olahan ini pada dasarnya sama.

Mie basah direbus sampai matang lalu digoreng hingga bagian luarnya renyah. Setelah itu mie ditumis bersama daging, bisa ayam, babi, sapi, atau seafood. Ada juga tambahan sayuran seperti kubis, bawang, jamur, sampai tauge. Chow mein ditumis dengan beragam bumbu, salah satunya rice wine.

6. Ramen Tonkotsu

7 Olahan Mie Paling Populer di Asia Versi TasteAtlas, Ini Daftarnya!7 Olahan Mie Paling Populer di Asia Versi TasteAtlas, Ini Daftarnya! Foto: Getty Images/Rouzes

Olahan mie selanjutnya berasal dari Jepang. Ramen tonkotsu begitu populer dan digemari di sana. Kuahnya sangat kaya rasa dan berlemak karena berbahan kaldu babi.

Untuk membuat kaldunya, tulang-tulang babi direbus sangat lama sampai seluruh kolagen dan lemaknya larut. Hasilnya kuah tonkotsu bertekstur creamy gurih. Ramen ini kemudian dilengkapi telur rebus, daging pork belly empuk, rebung, nori, hingga jagung manis yang renyah.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3
FOKUS BERITA Mie Paling Endes
FOKUS BERITA Mie Paling Endes

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com