Perjuangan Apriyani Rahayu, Dulu Jualan Sayur Demi Dapat Uang Jajan

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Selasa, 03 Agu 2021 11:30 WIB
Apriyani Rahayu Raih Emas Olimpiade, Intip Gaya Kerennya Saat Ngopi Foto: Instagram r.apriyanig
Jakarta -

Perjuangan Apriyani Rahayu untuk sampai di titik sekarang tidaklah mudah. Ia bisa menaklukan segala keterbatasan hingga menjadi juara bulu tangkis dunia.

Perolehan medali emas Apriyani Rahayu dan Greysia Polii di ajang Olimpiade Tokyo 2020 begitu menggembirakan. Seluruh warga Indonesia bangga, sekaligus berterima kasih pada pebulu tangkis ganda putri Indonesia ini.

Apri, sapaan akrab Apriyani, bersama Greysia mampu mengalahkan pebulu tangkis ganda putri China, Chen Qingchen/Jia Yifan. Mereka menang dalam dua game dengan skor 21-19 dan 21-15.

Usai kemenangannya, banyak orang kagum mengetahui perjuangan hidup Apri. Pasalnya jalan hidup wanita 23 tahun ini tidak mudah.

Apriyani Rahayu Raih Emas Olimpiade, Intip Gaya Kerennya Saat NgopiPerjuangan Apriyani Rahayu, Dulu Jualan Sayur Demi Dapat Uang Jajan Foto: Instagram r.apriyanig

Lahir di Konawe, Sulawesi Tenggara, kecintaan Apri akan bulu tangkis sudah terlihat sejak usia 3. Namun dulu orang tuanya tidak mampu membelikan raket bagus. Ayah Apri pun membuatkannya raket kayu sederhana untuk berlatih.

Baca Juga: Ayah Cerita Apriyani Main Badminton Sejak Usia 3 Tahun: Pakai Raket Kayu

Mengutip tayangan YouTube Indosportdotcom (26/4/2020), Apri juga mengenang masa-masa kecilnya dulu. "Mamah saya itu suka tanam-tanam cabai rawit, tanam-tanam sayur, jagung. Nah di belakang halaman kan luas tuh, dipetik-petikkin sama mamah saya," kenang Apri.

Karena ia tak punya uang jajan, sang ibu menyarankan agar Apri jualan sayur hasil kebunnya itu. "Ngajarinnya begitu mamah saya," kata Apri.

Apri bercerita, ibunya bahkan mengajarkan cara jualan sayur. "'Satu iket harganya Rp 1.000, kalau ada yang tawar Rp 500, gapapa. Atau nggak kamu naikin dulu deh Rp 1.500, nanti kalau ada yang nawar baru (kasih Rp 1.000)'," kata Apri menirukan kata-kata ibunya.

Apri pun senang bisa jualan sayur keliling sekitar rumahnya. "Alhamdulillah suka habis aja (jualannya)," kata wanita setinggi 163 cm ini.

Apriyani Rahayu Raih Emas Olimpiade, Intip Gaya Kerennya Saat NgopiPerjuangan Apriyani Rahayu, Dulu Jualan Sayur Demi Dapat Uang Jajan Foto: Instagram r.apriyanig

Dalam wawancara tersebut Apri juga mengatakan mau menerima semua konsekuensi dari keterbatasannya dulu demi meraih impian jadi pebulu tangkis profesional. "Mau saya makan nasi sama garem pun saya telen aja," ujarnya.

Bermodal tekad dan prestasi, Apri akhirnya berangkat ke Jakarta pada 2011. Ia mengikuti Pelatihan Nasional (Pelatnas) PBSI di Cipayung.

Ia juga dipasangkan dengan Greysia sebagai ganda putri dan berhasil memenangkan beberapa pertandingan setelahnya. Keduanya pun kini sukses mengharumkan nama bangsa!

Baca Juga: Apriyani Rahayu Raih Emas Olimpiade, Intip Gaya Kerennya Saat Ngopi



Simak Video "Bikin Laper: Perpaduan Bakmi dengan Sei Sapi"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com