Umat Hindu Tak Konsumsi Daging Sapi, Ini Kisah di Baliknya

Sonia Basoni - detikFood Sabtu, 31 Jul 2021 13:00 WIB
Umat Hindu Tak Konsumsi Daging Sapi, Ini Kisah di Baliknya Foto: Site News/Stock Photo
FOKUS BERITA Makanan Haram

3. Lebih Mulia dari Seorang Ibu

Umat Hindu Tak Konsumsi Daging Sapi, Ini Kisah di BaliknyaUmat Hindu Tak Konsumsi Daging Sapi, Ini Kisah di Baliknya Foto: Site News/Stock Photo

Meski terdengar kontroversial, tapi kata-kata ini pernah dituliskan oleh Mahatma Gandhi. Tokoh penting dalam Gerakan Kemerdekaan India. Gandhi dikenal sebagai aktivis yang tidak menggunakan kekerasan, dan selalu menyerukan pesan damai.

Dilansir dari Your Pet Space, Gandhi pernah berujar bahwa sapi yang memberikan susu jauh lebih mulia dibandingkan ibu yang melahirkan kita.

"Ibu yang melahirkan kita memberikan kita susu selama beberapa tahun, kemudian mereka akan berharap kita melayani mereka saat kita sudah dewasa. Sementara sapi betina, tidak mengharapkan apapun dari kita kecuali rumput dan gandum untuk dimakan. Ibu kita sering sakit dan meminta kita untuk merawat mereka, sementara sapi betina jarang sekali sakit," ungkap Gandhi. Bahkan menurutnya sapi betina tetap berguna meskipun sudah tiada.

4. Umat Hindu di Bali

Umat Hindu mengusung keben bambu atau tempat sesajen dalam tradisi Mapeed yaitu rangkaian persembahyangan Hari Raya Galungan di Desa Lukluk, Badung, Bali, Rabu (14/4/2021). Tradisi yang biasanya berjalan beriringan dengan menjunjung gebogan atau sesajen bersusun buah, bunga dan hiasan janur tersebut digelar secara sederhana untuk menekan pengeluaran bagi warga di masa pandemi COVID-19. ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo/hp.Ilustrasi umat Hindu di Bali. Foto: ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo

Sama seperti umat Hindu di India, umat Hindu di Bali pun sebagian besar tidak mengonsumsi daging sapi. Ajaran bahwa sapi merupakan hewan suci yang mulia, serta lambang kehidupan masih melekat erat dalam budaya kehidupan sehari-hari di Bali.

Meski Bali sudah menjadi destinasi liburan di dunia yang terkenal. Di tengah sisi modern Bali, masih terselip nilai-nilai sakral yang terus dipegang teguh oleh umat Hindu di sana. Mereka memiliki kepercayaan bahwa sapi merupakan bagian dari kendaraan Dewa Siwa. Salah satu dewa utama di agama Hindu. Karena itu mayoritas umat Hindu di Bali, mengganti konsumsi daging dengan daging babi, ayam atau seafood.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Muncul Penjual Daging Sapi Dadakan di Tasik, Harga Lebih Murah"
[Gambas:Video 20detik]
FOKUS BERITA Makanan Haram
FOKUS BERITA Makanan Haram

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com