Umat Hindu Tak Konsumsi Daging Sapi, Ini Kisah di Baliknya

Sonia Basoni - detikFood Sabtu, 31 Jul 2021 13:00 WIB
Umat Hindu Tak Konsumsi Daging Sapi, Ini Kisah di Baliknya Foto: Site News/Stock Photo
FOKUS BERITA Makanan Haram
Jakarta -

Sapi dianggap sebagai hewan yang mulia dan suci dalam agama Hindu.Karena itu semua umat Hindu tidak mengonsumsi daging sapi, ini kisahnya.

Jika umat Muslim tidak diperbolehkan mengonsumsi daging babi karena bersifat haram. Berbeda dengan umat Hindu, yang tidak mengonsumsi daging sapi. Karena sapi dianggap sebagai hewan yang suci dan mulia di agama mereka.

Dari banyak sumber dan berdasarkan catatan pada peradaban Veda, sejak dulu sapi sudah menjadi hewan yang diagungkan atau suci. Sapi digambarkan sebagai wujud atau lambang ibu pertiwi yang memberikan kesejahteraan di bumi.

Dilansir dari Washington Post berbagai sumber, berikut beberapa penjelasan dan sejarah di balik larangan umat Hindu untuk tidak mengonsumsi daging sapi.

Baca Juga: 5 Makanan yang Disukai Dewa Ganesha dan Alasan Menariknya

1. Hewan Suci yang Mulia

cow calf in farm ,beautiful view of cow calf,brown young cow calf in indiaIlustrasi Sapi. Getty Images/iStockphoto/Dinesh Ahir

Menurut penjelasan dari Washing Post, kebanyakan umat Hindu tidak melihat atau menganggap sapi sebagai bagian dari para dewa. Namun mereka menganggap sapi adalah hewan suci dan simbol kehidupan yang harus dirawat serta dilestarikan.

Dalam peradaban Veda, hewan sapi memang dikaitkan dengan Aditi, ibu dari semua dewa.Karenanya sapi ini menjadi bagian yang sangat penting dalam kehidupan umat Hindu.

Bahkan umat Hindu memiliki satu hari libur yang disebut 'Hari Sapi' atau Gopastami di India, yang jatuh setiap tanggal 19 November. Di dalam perayaan ini, sapi akan dimandikan, kemudian didandani dengan bunga lalu dibawa keliling jalan.

2. Sapi dan Kehidupan

Umat Hindu Tak Konsumsi Daging Sapi, Ini Kisah di BaliknyaUmat Hindu Tak Konsumsi Daging Sapi, Ini Kisah di Baliknya Foto: Site News/Stock Photo

Jika dulu di era Mesir Kuno, kucing dianggap sebagai hewan suci. Begitu juga sapi bagi umat Hindu. Sapi digambarkan sebagai hewan yang sangat baik dan selalu memberikan apa yang dia punya untuk kehidupan manusia.

Menurut umat Hindu, sapi memproduksi lima hal yang berguna untuk kehidupan sehari-hari. Pertama sapi memproduksi susu, keju, butter atau ghee, urine dan yang terakhir kotoran sapi. Semua bagian dari sapi mereka gunakan, kecuali mengonsumsi dagingnya.

Untuk sebagian besar umat Hindu, tak hanya di India tapi di negara lainnya menyembelih, membunuh, menyakiti dan mengonsumsi daging sapi masih dianggap sebagai hal yang tabu.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Muncul Penjual Daging Sapi Dadakan di Tasik, Harga Lebih Murah"
[Gambas:Video 20detik]
FOKUS BERITA Makanan Haram
FOKUS BERITA Makanan Haram

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com