Hukum Makan Daging Kuda dalam Islam dan Khasiatnya untuk Kesehatan

Riska Fitria - detikFood Jumat, 30 Jul 2021 08:30 WIB
Hukum Makan Daging Kuda dalam Islam dan Khasiatnya untuk Kesehatan Foto: iStock
FOKUS BERITA Makanan Haram
Jakarta -

Sering dianggap tabu, daging kuda justru menyimpan banyak manfaat bagi kesehatan. Lalu, bagaimana hukum mengonsumsi daging kuda dalam Islam?

Selain sapi, kerbau, kambing dan domba hewan ternak seperti kuda juga dijadikan bahan makanan. Bahkan daging kuda dinilai memiliki cita rasa yang unik dibandingkan daging sapi.

Namun, pengonsumsian daging kuda tak jarang dinilai tabu bagi sebagian masyarakat. Di balik itu, daging kuda menyimpan banyak nutrisi sehingga berkhasiat bagi kesehatan.

Ada banyak negara yang menjadikan daging kuda sebagai bahan makanan. Dan Indonesia masuk ke dalam salah satunya. Di Indonesia biasanya daging kuda diolah menjadi sate.

Soal konsumsi daging kuda juga pernah dijelaskan dalam Islam. Islam juga menjelaskan tentang hukum mengonsumsi daging kuda.

Berikut 5 fakta daging kuda:

Baca Juga: Selain Gurih Juicy, Sate Daging Kuda Punya Banyak Khasiat

1. Ciri-ciri Daging Kuda

Hukum Makan Daging Kuda dalam Islam dan Khasiatnya untuk KesehatanHukum Makan Daging Kuda dalam Islam dan Khasiatnya untuk Kesehatan Foto: iStock

Daging kuda dapat dikenali dari ciri-cirinya pada warna, aroma dan teksturnya. Daging kuda dikenal memiliki warna merah kehitaman. Sekilas, daging kuda terlihat menyerupai daging sapi.

Daging kuda juga memiliki serabut otot yang halus dan panjang. Ketika dimasak, daging kuda bertekstur empuk. Soal rasa, daging kuda terasa manis karena mengandung glikogen.

Sementara lemak daging kuda biasanya berwarna kuning emas. Daging kuda dinilai mengandung nutrisi yang tinggi, salah satunya pada proteinnya. Daging kuda juga rendah lemak dan non kolesterol.

2. Khasiat Daging Kuda

Hukum Makan Daging Kuda dalam Islam dan Khasiatnya untuk KesehatanHukum Makan Daging Kuda dalam Islam dan Khasiatnya untuk Kesehatan Foto: iStock

Karena banyak nutrisi yang terkandung di dalamnya, daging kuda dapat memberikan manfaat. Daging kuda mengandung potasium dan mineral yang dapat mencegah penyempitan otot.

Vitamin yang terkandung pada daging kuda dapat meningkatkan imunitas tubuh. Selain itu, juga terdapat kandungan kalsium yang berperan untuk menyehatkan gigi dan tulang terutama pada anak-anak.

Protein di dalamnya berfungsi untuk membentuk otot dan meningkatkan stamina. Karena itulah daging kuda disebut-sebut dapat meningkatkan kejantanan pria saat berhubungan intim.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3
FOKUS BERITA Makanan Haram
FOKUS BERITA Makanan Haram

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com