Wartawan Asing Olimpiade Tokyo Kaget Disuguhi Sandwich Manis Jepang

Yenny Mustika Sari - detikFood Kamis, 29 Jul 2021 18:05 WIB
Sandwich di Olimpiade Tokyo Bikin Wartawan Asing Rasakan Culture Shock Foto: Twitter @PhilipinDC
Jakarta -

Wartawan asing yang meliput Olimpiade Tokyo disuguhi beragam makanan enak. Salah satunya sandwich dengan isian manis yang dirasa aneh karena tak lazim bagi mereka.

Olimpiade Tokyo saat ini masih berlangsung yang melibatkan atlet hingga awak media asing yang meliputnya. Beragam makanan internasional dan khas Jepang disajikan untuk mereka.

Cerita soal makanan yang disajikan pada Olimpiade Tokyo banyak dibagikan oleh para atlet dan wartawan. Seperti kisah yang dilansir dari Sora News (28/7), seorang wartawan asing bernama Philip Crowther menceritakan soal makan siang berupa sandwich ala Jepang yang disajikan oleh panitia Olimpiade Tokyo.

Baca Juga: Olimpiade 2020 Tokyo Tiap Hari Sajikan 700 Menu dan 48 Ribu Porsi Makanan

Wartawan asing yang berasal dari Luxembourg, Eropa ini memperlihatkan bungkusan sandwich Jepang dalam kemasan plastik di unggahan Twitter miliknya @PhilipinDC (26/7). Ia menuliskan dalam cuitannya, "Makanan di ruangan pers: pilih antara sandwich selai stroberi dan margarin atau sandwich krim kacang. Culture shock."

Sandwich di Olimpiade Tokyo Bikin Wartawan Asing Rasakan Culture ShockSandwich di Olimpiade Tokyo Bikin Wartawan Asing Rasakan Culture Shock Foto: Twitter @PhilipinDC

Sandwich itu diberi nama 'lunch pack'. Berupa sandwich dengan olesan selai stroberi margarin dan krim kacang. Menurut Philip, sandwich itu selalu disajikan di ruangan pers yang meliput Olimpiade Tokyo.

Sandwich 'lunch pack' itu sebenarnya ditawarkan dalam beragam rasa, seperti rasa ramen dan es krim. Namun, panitiaOlimpiade Tokyo tampaknya memilih untuk menyajikan dengan dua isian yang umum dikonsumsi oleh orang Jepang.

Baca Juga: 5 Makanan yang Buruk untuk Ginjal, Jangan Sering-sering Dikonsumsi

Sandwich di Olimpiade Tokyo Bikin Wartawan Asing Rasakan Culture ShockSandwich di Olimpiade Tokyo Bikin Wartawan Asing Rasakan Culture Shock Foto: Twitter @PhilipinDC

Ada perbedaan antara sandwich ala Jepang dengan sandwich Amerika atau Eropa. Sandwich Jepang terbuat dari roti tawar susu yang lembut tanpa kulit, isiannya berupa varian manis seperti buah dan selai. Sedangkan, sandwich barat bisanya menggunakan roti dengan isian gurih dan hangat. Seperti daging asap, sosis, salmon dan sayuran.

Tak heran kalau wartawan asing ini merasakan 'culture shock'. Pasalnya, sandwich yang biasa ia makan tampak berbeda sekali dengan sandwich Jepang yang rasanya lebih ringan dan terasa seperti camilan.

Sandwich di Olimpiade Tokyo Bikin Wartawan Asing Rasakan Culture ShockSandwich di Olimpiade Tokyo Bikin Wartawan Asing Rasakan Culture Shock Foto: Twitter @PhilipinDC

Ternyata sandwich Jepang dengan rasa yang sama ini juga pernah disajikan pada Piala Dunia Rugby di tahun 2019. Banyak wartawan asing yang menyukai suguhan sandwich itu. Karena rasanya ringan dan manis, apalagi roti yang digunakan sangat roti susu yang lembut.

Baca Juga: 7 Rempah yang Menyehatkan Paru-paru, Bikin Pernapasan Lega!



Simak Video "'Supper Sandwiches & Burgers': Sajian Simpel Bercita Rasa Luar Biasa"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com