Dapur Umum Berumur 50 Tahun Ini, Sehari Sajikan 10 Ribu Makanan Untuk Pemberontak

Sonia Basoni - detikFood Kamis, 29 Jul 2021 13:00 WIB
Dapur Umum Berumur 50 Tahun Ini, Sehari Sajikan 10 Ribu Makanan Untuk Pemberontak Foto: Gastro Obscura

Makanan Bagian Paling Penting

Dapur Umum Berumur 50 Tahun Ini, Sehari Sajikan 10 Ribu Makanan Untuk PemberontakDapur Umum Berumur 50 Tahun Ini, Sehari Sajikan 10 Ribu Makanan Untuk Pemberontak Foto: Gastro Obscura

Menurut salah satu mantan anggota FARC bernama Semillas, makanan merupakan bagian penting dari grup pemberontak ini. Semillas bertugas untuk memasak, kegiatan ini disebut dengan nama 'ranchada'. Saat itu Semillas harus bisa memasak segala jenis makanan. Mulai dari nasi putih, daging goreng, minuman alkohol colada.

Semillas mengaku bahwa ia belajar masak secara otodidak di dalam dapur umum tersebut. Kebanyakan tukang masak senior, akan mengajarkan tukang masak yang masih baru. Dari resep, bahan makanan, sampai tips memasak yang cepat.

"Kami membagikan pengetahuan ini dari generasi satu ke generasi selanjutnya," ungkap Semillas. Meski dapur umumnya terlihat sederhana, tapi ada sistem rapih yang mengatur keluar masuknya makanan, sampai menu makanan yang akan disajikan setiap harinya.

Terorganisir dengan Baik

Dapur Umum Berumur 50 Tahun Ini, Sehari Sajikan 10 Ribu Makanan Untuk PemberontakDapur Umum Berumur 50 Tahun Ini, Sehari Sajikan 10 Ribu Makanan Untuk Pemberontak Foto: Gastro Obscura

Memberi makan sepuluh ribu orang setiap harinya tentu bukan lah hal yang mudah. Namun bagi para tukang masak di FARC, hal ini adalah makanan mereka sehari-hari. Mereka biasanya sudah menyiapkan menu makanan apa yang akan dimasak selama satu minggu ke depan.

Mereka juga akan mengecek bahan makanan yang tersedia, terutama jika konflik sedang berlangsung. Mereka juga siap membuat aneka hidangan sesuai kebutuhan setiap anggota, terutama para anggota yang sedang sakit atau terluka.

Dapur umum ini memiliki 36 bumbu dan bahan wajib yang harus ada. Seperti tepung terigu, bubuk susu, gula, panela, garem, kopi, hingga minyak. Bahkan tersedia juga alkohol dan makanan olahan.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Layanan Katering Haji Ini Bagi-bagi Makanan Gratis untuk Nakes"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com