Olimpiade Tokyo 2020, Ini Protokol Makan Atlet yang Super Ketat

Diah Afrilian - detikFood Kamis, 29 Jul 2021 16:30 WIB
Olimpiade Tokyo 2020, Ini Protokol Makan Atlet yang Super Ketat Foto: TikTok/codymelphy
Jakarta -

Berlangsung di tengah pandemi Covid-19, Olimpiade Tokyo 2020 memperketat protokol kesehatan. Bahkan saat makan pun para atlet harus menerapkan protokol berlapis.

Ajang turnamen olahraga yang mempertemukan seluruh negara di dunia kali ini diselenggarakan dengan cara yang berbeda. Perhelatan olimpiade yang biasanya dilakukan 4 tahun sekali kini terpaksa dilakukan dengan kondisi yang berbeda.

Olimpiade yang dilaksanakan di Jepang ini bahkan sebelumnya telah mengalami pengunduran jadwal yang seharusnya diselenggarakan pada tahun 2020 menjadi 2021. Hal tersebut semata-mata terkait pandemi Covid-19 dan risikonya yang mengancam seluruh pihak terkait jika tetap dilaksanakan.

Pelaksanaan yang dilakukan pada tahun 2021 ini akhirnya juga terpaksa diselenggarakan dengan peraturan yang sangat ketat. Seorang atlet yang ikut berpartisipasi pada ajang tersebut membagikan momen makan yang berbeda dengan berbagai pembatas di sekitarnya.

Olimpiade Tokyo 2020, Ini Protokol Makan Atlet yang Super KetatOlimpiade Tokyo 2020, Ini Protokol Makan Atlet yang Super Ketat Foto: TikTok/codymelphy

Melansir video TikTok @codymelphy (27/7), Melphy yang merupakan atlet rugby dari Amerika Serikat berhasil mengabadikan dan membagikan kegiatan makan para atlet di Jepang. Mulai dari peraturan kebersihan yang ketat hingga pembatas yang diletakkan di meja makan antara satu orang dengan yang lainnya.

Baca juga: Olimpiade 2020 Tokyo Tiap Hari Sajikan 700 Menu dan 48 Ribu Porsi Makanan

"Protokol covid di tempat makan Olympic Village," tulis Melphy dalam keterangan video tersebut.

Melphy memperlihatkan sebelum ia masuk ke tempat makannya, ia harus mencuci tangannya dengan hand sanitizer. Tidak hanya hand sanitizer di bagian luar, sebelum mengambil wadah untuk makanan mereka diharuskan untuk mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir terlebih dahulu.

Olimpiade Tokyo 2020, Ini Protokol Makan Atlet yang Super KetatOlimpiade Tokyo 2020, Ini Protokol Makan Atlet yang Super Ketat Foto: TikTok/codymelphy

Sebuah meja yang menyediakan sarung tangan plastik untuk para atlet juga sudah menunggu setelah area cuci tangan. Para atlet diharuskan untuk menggunakan sarung tangan saat akan mengambil makanan agar kebersihannya terjaga.

Selanjutnya Melphy mengambil baki makanan untuk membawa makanan yang nantinya diberikan oleh penyelenggara. Melphy juga menunjukkan bahwa antara para penyedia makanan mereka dipisahkan dengan plastik pemisah serta para penyedia makanan yang menggunakan masker dan pelindung wajah secara rapat.

"Semua pekerja di sini di belakang pemisah, menggunakan pelindung wajah dan masker," kata Melphy.

Setelah selesai mengambil makan, Melphy juga menunjukan area makan dengan pembatas plastik antara setiap orangnya. Saat dilihat oleh detikcom (28/7), video unggahan Melphy ini sudah disaksikan lebih dari 1,5 juta pengguna TikTok.

Banyak sekali pengguna TikTok yang merasa terbantu dengan unggahan Melphy bahkan mengharapkan lebih banyak atlet yang mengabadikan momen olimpiade di tengah pandemi tersebut.

"Aku berharap ada atlet olimpiade lainnya yang membuat vlog tentang Tokyo Olympic Village seperti kamu. Aku senang bisa mengetahui keadaan di sana," tulis akun @sicilycitrusy.

"Terlihat seperti makan siang anak sekolahan yang mewah," tulis akun @beanplantz.

Baca juga: Ini Menu Makanan yang Diberikan Gratis Saat Karantina di Wisma Atlet



Simak Video "Menikmati Sandwich ala Jepang dengan Isian Beef-Chicken Katsu"
[Gambas:Video 20detik]
(dfl/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com