Chef Arnold Sindir Aturan Makan 20 Menit, Netizen: Ternyata Ini Gunanya LDK!

Diah Afrilian - detikFood Selasa, 27 Jul 2021 10:30 WIB
chef arnold poernomo Foto: 20Detik
Jakarta -

Aturan PPKM level 4 tentang batas waktu makan di tempat selama 20 menit jadi perbincangan. Cuitan chef Arnold Poernomo soal ini juga dibanjiri komentar kocak netizen.

Untuk mencegah penyebaran Covid-19, pemerintah menetapkan aturan-aturan terkait kegiatan masyarakat. Dinamai pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 4, salah satu peraturannya menyangkut waktu makan.

"Warung makan, pedagang kaki lima, lapak jajanan, dan sejenisnya yang memiliki tempat usaha di ruang terbuka diizinkan buka dengan protokol kesehatan yang ketat sampai pukul 20.00, dan maksimum waktu makan untuk setiap pengunjung 20 menit," ujar Presiden Joko Widodo dalam konferensi virtual yang ditayangkan di akun YouTube Sekretariat Presiden pada Minggu (25/7/2021).

Menurut Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian, aturan tersebut juga diberlakukan untuk menghindari adanya droplet dari orang-orang yang makan di tempat sambil mengobrol. Tetapi pembatasan waktu yang terbilang singkat ini justru mendapat komentar dari seluruh lapisan masyarakat.

Mulai dari netizen hingga komunitas warteg angkat bicara terkait peraturan tersebut. Banyak juga yang menyayangkan peraturan ini karena orang yang menyediakan makanan dan yang makan ditempat harus berkejaran dengan waktu sehingga tidak bisa menikmati makanannya atau bahkan membahayakan.

Baca juga: PPKM Darurat Ketat, Netizen Beli Makanan Kayak Beli Narkoba

Soal Waktu Makan 20 Menit, Chef Arnold: Waktu Kalian Dimulai dari Sekarang!Soal Waktu Makan 20 Menit, Chef Arnold: Waktu Kalian Dimulai dari Sekarang! Foto: Twitter

Mengutip cuitan yang dituliskan oleh chef Arnold pada akun Twitter pribadinya @ArnoldPoernomo (26/7), salah satu juri MasterChef ini juga mengomentari peraturan tersebut. Ia bahkan mengatakan bahwa penjual makanan yang menyajikan makanan rasanya akan seperti sedang latihan untuk menjadi kontestan di MasterChef Indonesia.

"Wkwkwkwk PPKM makan cuma boleh 20 menit... yang masak pada latihan jadi kontestan MCI. "Waktu kalian 20 menit dimulai dari sekarang"," tulis Chef Arnold.

Soal Waktu Makan 20 Menit, Chef Arnold: Waktu Kalian Dimulai dari Sekarang!Soal Waktu Makan 20 Menit, Chef Arnold: Waktu Kalian Dimulai dari Sekarang! Foto: Twitter

Ia juga mengungkapkan yang akan terasa seperti sedang ada dalam kontes MasterChef bukan hanya orang-orang yang memasak. Ketika makanan harus dibuat dengan membutuhkan waktu sekitar 15 menit, maka tugas para pelayan yang menyajikan makanan akan serupa dengan para juri di MasterChef.

"Makanan keluar 15 menit... para waiters (pelayan) latihan jadi Juri MasterChef. "Waktu makan kalian 5 menit dimulai dari sekarang"," tulis cuitan lanjutan pada akun Twitter chef Arnold.

Soal Waktu Makan 20 Menit, Chef Arnold: Waktu Kalian Dimulai dari Sekarang!Soal Waktu Makan 20 Menit, Chef Arnold: Waktu Kalian Dimulai dari Sekarang! Foto: Twitter

Ternyata cuitan tersebut juga direspon dengan kocak oleh para pengikut chef Arnold di Twitter. Beberapa bahkan mengatakan peraturan ini menjadi waktu yang tepat untuk menerapkan latihan dasar kepemimpinan saat sekolah serta yang lainnya membayangkan jasa yang akan muncul akibat peraturan tersebut.

"Ternyata gunanya LDK (Latihan Dasar Kepemimpinan) di sekolah ini ya," tulis akun @esajinggasptr.

"Bakal ada banyak jasa baru di warteg-warteg terdekat nih! Jasa niupin nasi biar cepet adem dan cepet makannya, jasa blender nasi biar tinggal telen aja, jasa/sedia macam-macam kertas/plastik bungkus, jasa penyedia tambahan waktu makan dan jasa pilih-pilih makanan dari rumah biar cepet," tulis akun @Rockibunazer.

Tidak hanya akun pribadi netizen, sebuah akun gosip bahkan juga menanggapi terkait peraturan makan yang hanya diperbolehkan selama 20 menit ini. Salah satunya akun Twitter @AREAJULID (27/7).

"10,9,8...3,2,1 teng waktu makan kalian habis," tulis akun @AREAJULID sebagai caption tangkapan layar sebuah berita terkait TNI-Polri yang akan ikut memantau tempat makan.

Baca juga: 4 Hal Serius Ini Akan Terjadi Jika Kamu Makan Terlalu Cepat



Simak Video "Aturan Makan 20 Menit, Chef Arnold: Waiter Latihan Jadi Juri Kontes Masak"
[Gambas:Video 20detik]
(dfl/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com