Pria Jogja Ini Tantang Istri Bulenya Masak Gudeg

Devi Setya - detikFood Senin, 26 Jul 2021 13:00 WIB
Pria Jogja Ini Tantang Istri Bulenya Masak Gudeg Foto: youtube Venda Vloggt
Jakarta -

Di Indonesia saja tidak semua orang bisa membuat gudeg. Tapi pria asli Jogja ini sengaja menantang istrinya yang bule Jerman untuk membuat gudeg lezat. Seperti apa hasilnya?

Pria Indonesia bernama Venda Rachmad ini menikah dengan wanita Jerman dan tinggal menetap di negeri Panser ini. Di Jerman, Venda kangen makan gudeg Jogja. Ia pun menantang istrinya membuat gudeg.

Aksi masak gudeg ala bule Jerman ini direkam dan diunggah lewat channel youtube Venda Vloggt. Dengan bahan seadanya, istri Venda, Swantje menerima tantangan sang suami. Meskipun lahir dan tinggal di Jerman, ternyata Swantje juga doyan gudeg jadi ia dengan senang hati membuatnya.

Dengan bahasa Jawa terbata-bata, Swantje mulai menyebutkan bahan untuk membuat gudeg, termasuk berbagai bumbunya. "Brambang merah, brambang putih, laos, jahe, ketumbar, terasi. Aku nggak suka mambu (bau) terasi," kata Swantje.

Pria Jogja Ini Tantang Istri Bulenya Masak GudegPria Jogja Ini Tantang Istri Bulenya Masak Gudeg Foto: youtube Venda Vloggt

Selain bumbu, berbagai bahan lain juga disiapkan seperti nangka muda, daging ayam dan telur. Karena di Jerman tak ada pohon nangka, akhirnya mereka menggunakan nangka muda kemasan kaleng. Nangka ini dibeli di supermarket bahan Asia dan merupakan produk dari Thailand.

Dengan arahan dari sang suami, bule Jerman ini mulai memasak gudeg racikannya. "Ini nggak mungkin sama kaya gudeg Jogja aslinya. Tapi kita coba usaha bikin ya," kata Venda.

Venda dengan logat Jawa medok menjelaskan kalau warna kecoklatan pada gudeg berasal dari daun jati namun di Jerman tak ada daun jati jadi ditambahkan teh untuk membuat warnanya merah kecoklatan. "Aku suka gudeg yang warnanya merah coklat. Jadi kita tambahkan teh ya," kata Swantje.

Proses masak gudeg ini lumayan lama, jadi pasangan ini melanjutkan proses masak dikeesokan harinya. Pagi hari ketika gudeg matang, mereka menyantapnya sebagai menu sarapan.

Pria Jogja Ini Tantang Istri Bulenya Masak GudegPria Jogja Ini Tantang Istri Bulenya Masak Gudeg Foto: youtube Venda Vloggt

"Hmm enak. Tapi ini sudah dingin karena terlalu lama difoto. Enak, aku suka," kata Swantje memuji hasil masakannya.

Tak mau kalah, Venda yang memang sudah 'ngidam' gudeg ini juga ikut asyik melahap masakan sang istri. Ia mengatakan rasanya lumayan enak, namun nangkanya bertekstur lembek karena memang menggunakan nangka kaleng. Tapi secara keseluruhan, rasanya dibilang enak.

"Enak ini. Rasanya nggak terlalu manis, kalau dimakan sama ayamnya jadi enak. Kalau ke Jogja ada langganan gudeg enak di daerah Parangtritis namanya Mbok Mandeg," pungkas Venda menyebut gudeg favoritnya.



Simak Video "Bikin Laper: Gudeg Komplit Mbak Yus yang Tampil Beda"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com