Pria di Jakarta Ini Sukses Bikin Kebun Anggur di Atap Rumah

Devi Setya - detikFood Jumat, 23 Jul 2021 10:30 WIB
Pria di Jakarta Ini Sukses Bikin Kebun Anggur di Atap Rumah Foto: youtube Ferdinand Pandu Nirwana
Jakarta -

Pria yang akrab disapa Supriyanto ini bangga dengan kebun anggur miliknya. Ia memanfaatkan lahan di atap rumahnya untuk menanam anggur, kini sudah ada ratusan bibit anggur yang ia tanam.

Punya lahan sempit di tengah ibukota tak membuat Supriyanto kehabisan akal. Pria yang hobi berkebun ini mengandalkan lahan di lantai tiga rumahnya alias di bagian atap yang sengaja ia bangun sebagai kebun anggur.

Punya rumah di tengah kota Jakarta tepatnya di Jagakarsa, Jakarta Selatan, Supriyanto membangun kebun anggur seluas 6,5 x 10 meter. Awalnya area ini ia jadikan kebun sayuran namun setelah berhasil menanam anggur, ia justru kepincut untuk berfokus mengembangkan buah dengan nama latin Vitis Vinivera ini.

Pria di Jakarta Ini Sukses Bikin Kebun Anggur di Atap RumahPria di Jakarta Ini Sukses Bikin Kebun Anggur di Atap Rumah Foto: youtube Ferdinand Pandu Nirwana

Pengalaman mengembangkan anggur di lahan sempit ini dibagikan lewat video yang diunggah di channel youtube Ferdinand Pandu Nirwana (9/1). Di sini Supriyanto menceritakan pengalamannya menjadi petani anggur.

"Awalnya sering gagal, tapi kini sukses budidaya anggur. Alhamdulillah punya ratusan jenis bibit anggur yang rutin dikirim ke seluruh Indonesia," kata Supriyanto.

Di kebun mini ini Supriyanto banyak menghabiskan waktu untuk mengurus tanaman anggurnya. Ia memastikan pohon anggur yang ditanamnya ini bisa tumbuh subur dengan baik. Dari awalnya hanya punya beberapa bibit pohon anggur, kini Supriyanto punya 100 varietas anggur yang ia tanam di rumahnya.

"Punya 100 varian bibit anggur, Alhamdulillah ada 12 pohon yang sudah berbuah," jelasnya.

Pria di Jakarta Ini Sukses Bikin Kebun Anggur di Atap RumahPria di Jakarta Ini Sukses Bikin Kebun Anggur di Atap Rumah Foto: youtube Ferdinand Pandu Nirwana

Bisa dilihat dalam tayangan video, pohon anggur milik Supriyanto ini sangat produktif, buahnya banyak menggelantung di tangkai. Supriyanto juga menjelaskan mengapa dirinya tertarik menanam anggur.

"Pilih anggur karena buahnya tidak kenal musim, anggur umurnya ratusan tahun, akarnya serabut jadi bisa ditanam di lahan sempit. Anggur juga buah yang sehat, kaya antioksidan, vitamin C, kata dokter juga anggur mencegah kanker. Anggur juga buah yang baik, ada dalam Al-Quran," beber pria murah senyum ini.

Selain sebagai konsumsi pribadi, kini Supriyanto juga menjual bibit anggur. Ia juga membuka pintu rumahnya bagi siapapun yang tertarik menanam anggur di rumah.

Bahkan dengan senang hati Supriyanto berbagi tips dan trik menanam anggur. Ia ingin agar banyak orang berhasil mengembangkan pohon anggur di rumahnya, bahkan dengan lahan sempit sekalipun.

"Bapak- bapak atau ibu-ibu yang suka buah-buahan tapi tidak punya lahan, bisa menanam anggur. Hanya perlu pot, pohon anggur bisa ditanam di depan rumah bikin teralis," kata Supriyanto.

Saking semangatnya membudidaya anggur, Supriyanto berharap agar semakin banyak orang menanam anggur sehingga Indonesia bisa swasembada anggur.

"Saya pingin Jakarta khususnya dan seluruh Indonesia suatu saat bisa swasembada anggur. Jadi di tiap rumah ada pohon anggur, tidak perlu impor anggur dari luar negeri," ujar Supriyanto.

Pria di Jakarta Ini Sukses Bikin Kebun Anggur di Atap RumahPria di Jakarta Ini Sukses Bikin Kebun Anggur di Atap Rumah Foto: youtube Ferdinand Pandu Nirwana

Menanam anggur juga bisa jadi bisnis yang menjanjikan. Supriyanto mengatakan dengan "menganggur" bisa mendapatkan keuntungan menjanjikan. Bibit anggur saja disebutkan Supriyanto punya harga yang cukup tinggi.

"Bibit anggur ini harganya Rp 100 ribuan. Kalau anggur sultan masih di atas Rp 300 ribuan. Dan kalau orang sudah suka, harga berapapun pasti dibeli. Ayo anak muda, ini bisa jadi bisnis menjanjikan," pungkas Supriyanto.



Simak Video "Geliat Produsen Sale Pisang Anggur di Tengah Pandemi Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com