Kisah Isoman Anak Kos yang Harus Ambil Makanan Lewat Celah Jendela

Diah Afrilian - detikFood Jumat, 23 Jul 2021 14:30 WIB
Kisah Isoman Anak Kos yang Harus Ambil Makanan Lewat Celah Jendela Foto: TikTok/ratihnoviana26
Jakarta -

Bagi anak kos yang terjangkit Covid-19 terpaksa harus merawat dirinya sendiri selama masa isolasi. Seperti anak kos ini yang berbagai pengalaman saat isoman di kos.

Infeksi coronavirus tidak pandang bulu dan memilih penyintasnya. Setelah terjangkit Covid-19, penyintas dengan gejala ringan diwajibkan untuk melakukan isolasi mandiri (isoman) untuk mencegah penularan virus lebih masif lagi.

Isolasi bersama keluarga di rumah mungkin tidak akan masalah, tetapi rasanya akan berbeda jika isolasi mandiri harus dilakukan seorang diri di kos. Tanpa keluarga yang menemani atau orang yang membantu merawat anak-anak kos ini harus berjuang sendirian ketika terjangkit Covid-19.

Hanya bisa mengharapkan bantuan dari ibu kos atau warga sekitar menjadi cara mereka untuk memenuhi kebutuhannya saat melakukan isolasi mandiri di kos. Seperti yang diungkap oleh anak kos satu ini yang berbagai pengalamannya saat melakukan isolasi mandiri di kos.

Kisah Isoman Anak Kos yang Harus Ambil Makanan Lewat Celah JendelaKisah Isoman Anak Kos yang Harus Ambil Makanan Lewat Celah Jendela Foto: TikTok/ratihnoviana26

Melansir dari TikTok @ratihnoviana26 (3/7) Ratih yang merupakan anak kos membagikan pengalamannya saat isolasi mandiri sendirian di kosnya. Ia bahkan membandingkan bagaimana isoman di rumah dengan isoman ala anak kos.

"Ini orang-orang ketika isoman di rumah. Makanan ditaruh di depan pintu kamar," tulis Ratih saat mempraktikkan melalui unggahan videonya.

Baca juga: 4 Tips Mengembalikan Indra Penciuman Hilang Saat Isoman

Pada video tersebut ia memperlihatkan dua piring makanan yang diletakkan di depan pintu. Makanan yang diletakkan di depan pintu sudah tersusun rapih berisi nasi, sayur dan lauknya di dalam sebuah piring.

Kisah Isoman Anak Kos yang Harus Ambil Makanan Lewat Celah JendelaKisah Isoman Anak Kos yang Harus Ambil Makanan Lewat Celah Jendela Foto: TikTok/ratihnoviana26

"Ini aku waktu dulu isoman di kos. Ibu kos yang masakin tiap hari dan selalu dikasih sama panci-pancinya," tulis Ratih sambil memperagakan saat ia isoman dan harus mengambil makanan lewat jendela.

Celah antara jendela yang sempit membuat tangannya harus lihai mengambil makanan agar tak tumpah. Sepiring nasi, sepiring lauk bahkan hingga sepanci sup yang sudah disiapkan oleh ibu dan tetangga kosnya diambilnya dengan cepat melalui celah-celah jendela.

Pada saat ia melakukan isolasi mandiri di kos juga pemilik kos menyiapkan meja yang sudah tak terpakai tepat berada di hadapan jendelanya untuk meletakkan makanan. Dikonfirmasi oleh detikcom (19/7) Ratih juga mengatakan bahwa terkadang para penghuni kos yang lain juga ikut memberikannya makanan pada meja tersebut.

Kisah Isoman Anak Kos yang Harus Ambil Makanan Lewat Celah JendelaKisah Isoman Anak Kos yang Harus Ambil Makanan Lewat Celah Jendela Foto: TikTok/ratihnoviana26

"Nasi sama lauk biasanya dikasih lagi tiap jam makan. Dikasih cemilan kue-kue juga sama beliau. Bersyukur ada di lingkungan yang baik," tulis Ratih.

Ratih yang terjangkit Covid-19 pada bulan Desember lalu bersyukur karena ibu kos begitu mendukungnya. Ia sama sekali tidak mendapatkan perlakuan yang tidak mengenakkan selama menjalani isolasi mandiri atau isoman.

Perhatian ibu kos Ratih membuat banyak netizen TikTok terharu. Pasalnya tidak semua ibu kos bisa bersikap baik pada penghuni yang terjangkit Covid-19 bahkan ada yang menceritakan bahwa ia justru diusir dari kosnya.

"Baik banget ibu kosnya," tulis akun @kiky31.

"Ibu kosnya baik, temen gue malah diusir. Dia mau lapor ke RT RW sama yang punya nggak dibolehin laper nanti bikin heboh lingkungan kos," tulis akun @Kucinghitam465.

Baca juga: Jalani Isoman, Wanita Ini Bikin Iri Netizen karena Dikirimi Makanan Camer



Simak Video "Cukup Bayar Rp 2.000, Bisa Makan Sepuasnya di Warung Ini"
[Gambas:Video 20detik]
(dfl/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com