Diproduksi Tahun 1930, Kulkas Tertua di Inggris Ini Masih Berfungsi

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Jumat, 23 Jul 2021 17:30 WIB
Diproduksi Tahun 1930, Kulkas Tertua di Inggris Ini Masih Berfungsi Foto: Mirror UK
Jakarta -

Fitur kulkas kian berkembang saat ini, namun sebuah keluarga di Inggris masih memiliki kulkas tua. Kulkas ini bahkan disebut sebagai kulkas tertua di Inggris.

Di zaman serba canggih seperti sekarang, fitur kulkas semakin berkembang. Salah satu yang sedang tren adalah kulkas berkaca bening yang akan memperlihatkan isiannya ketika diketuk.

Kulkas canggih ini tentu memiliki harga mahal. Begitupun dengan kulkas-kulkas milik chef profesional yang harganya mencapai ratusan juta rupiah.

Namun siapa sangka di zaman modern seperti ini, masih ada beberapa orang yang menyimpan kulkas tua. Seperti keluarga di Inggris ini yang memiliki kulkas buatan tahun 1930.

Dikutip dari Mirror UK (22/7), kulkas ini bahkan masih berfungsi hingga sekarang. Awalnya sebuah keluarga di Inggris membeli kulkas ini pada tahun 1949.

Diproduksi Tahun 1930, Kulkas Tertua di Inggris Ini Masih BerfungsiDiproduksi Tahun 1930, Kulkas Tertua di Inggris Ini Masih Berfungsi Foto: Mirror UK

Mereka menganggapnya sebagai warisan yang akan diberikan turun temurun ke generasi selanjutnya. Saat ini kulkas dimiliki sosok yang disebut Robert.

Pria 81 tahun ini mengatakan kulkas tua itu masih tersimpan rapi di garasi mereka. "Kami menggunakannya saat butuh ruang simpan ekstra untuk menaruh apel di musim panas. Kulkas ini berfungsi dengan sangat baik," kata Robert.

Robert bahkan menggunakan kulkas tua ini sebagai ruang simpan utama karena kulkas modern dan freezer mereka rusak akibat gelombang panas.

Kulkas tertua di Inggris ini memiliki lebar 0,6 meter dan tinggi 0,9 meter. Tutupnya seperti gembok besi yang kuat. Lalu di dalam ruang penyimpanan ada 3 rak besi yang jadi pembatasnya. Bahkan ada area 'freezer' mungil.

Diproduksi Tahun 1930, Kulkas Tertua di Inggris Ini Masih BerfungsiDiproduksi Tahun 1930, Kulkas Tertua di Inggris Ini Masih Berfungsi Foto: Mirror UK

Keberadaan kulkas tertua di Inggris ini diketahui dari seorang penjual kulkas bernama Jonathan Kerry. Saat itu ia datang ke rumah Robert untuk memasangkan kulkas baru.

Robert bercerita orang tua istrinya yang membeli kulkas tersebut pada tahun 1949. Di tahun itu, orang-orang yang punya kulkas masih sangat jarang.

"Saat itu sangat tidak biasa kalau seseorang punya kulkas, bahkan mereka yang punya kulkas sering disebut 'orang-orang pemilik kulkas'," kata Robert.

Robert dan istrinya kemudian mengadopsi kulkas tersebut. Mereka membawanya ke Sussex dimana mereka tinggal selama 40 tahun, kemudian kembali ke Gloucestershire pada 2006.

Diproduksi Tahun 1930, Kulkas Tertua di Inggris Ini Masih BerfungsiDiproduksi Tahun 1930, Kulkas Tertua di Inggris Ini Masih Berfungsi Foto: Mirror UK

Konon kulkas tertua di Inggris ini dibeli senilai Rp 975 ribu pada tahun 1949. Pemiliknya bahkan masih menyimpan bukti pembayaran. Kulkas kemudian ditaruh di garasi mereka, masih berfungsi, dan masih digunakan oleh Robert.

Kulkas tertua di Inggris ini lebih tua 9 tahun dari kulkas milik Pangeran Wales yang ada di Castle of Mey, Skotlandia. Kulkas miliknya dibeli tahun 1954.

Penemuan kulkas tertua di Inggris ini membuat banyak orang takjub. "Saya senang mereka tidak membuangnya. Kulkas ini adalah keindahan," komentar seorang netizen.



Simak Video "Durasi Simpan Bahan Makanan yang Baik di Kulkas"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com