30 Resep Daging Kambing & Sapi Idul Adha

4 Cara Membersihkan Jeroan yang Benar Agar Tak Amis

Riska Fitria - detikFood Rabu, 21 Jul 2021 15:00 WIB
4 Cara Membersihkan Jeroan yang Benar Agar Tak Amis Foto: iStock
Jakarta -

Selain dagingnya, jeroan hewan kurban juga sering diolah jadi masakan lezat. Namun, masih banyak orang yang belum paham bagaimana cara mencuci jeroan yang benar.

Menyambut hari raya Idul Adha, banyak orang yang sudah mempersiapkan ide hidangan untuk memanfaatkan daging kurban. Mulai dari sate, gulai, krengsengan, tongseng dan masih banyak lagi.

Tak hanya dagingnya saja yang bisa dimanfaatkan. Jeroan pada sapi atau kambing juga bisa diolah menjadi hidangan yang tak kalah lezat. Sebelum diolah, jeroan harus dicuci bersih.

Pasalnya jeroan merupakan tempat kotoran sapi, sehingga memiliki aroma yang amis. Karenanya, jeroan harus dibersihkan dengan cara yang benar.

Berikut 4 cara membersihkan jeroan sebelum diolah:

1. Cuci Bersih di Bawah Air Mengalir

Untuk mencuci jeroan sebaiknya jangan menggunakan air yang tertampung dalam wadah, melainkan menggunakan air yang mengalir. Tahap ini merupakan yang terpenting sebelum jeroan dimasak.

Dengan mencuci di bawah air mengalir, kamu bisa memastikan bahwa tidak ada lagi kotoran yang masih menempel. Jadi kotoran tersebut dapat mengalir mengikuti air.

2. Rebus di Air Mendidih

4 Cara Membersihkan Jeroan yang Benar Agar Tak Amis4 Cara Membersihkan Jeroan yang Benar Agar Tak Amis Foto: iStock

Setelah dicuci bersih, tahap selanjutnya adalah merebus jeroan di air yang mendidih. Bahkan proses perebusan disarankan untuk dilakukan banyak 2-3 kali dan air rebusannya harus terus diganti.

Chef Stefu menyarankan untuk menyaring buih putih yang muncul di atas permukaan. Buih tersebut harus dibuang karena itu adalah sisa kotoran dari jeroan.

Baca Juga: 5 Cara Membersihkan Babat Agar Tidak Bau Tajam

3. Jangan Masukkan Jeroan ketika Air Sudah Mendidih

4 Cara Membersihkan Jeroan yang Benar Agar Tak Amis4 Cara Membersihkan Jeroan yang Benar Agar Tak Amis Foto: iStock

Untuk merebus jeroan ada tipsnya, yakni jangan memasukkan jeroan ke dalam air yang sudah mendidih. Air yang mendidih justru akan menghancurkan rasa dari jeroannya.

Selain itu, juga akan membuat tekstur jeroan menjadi alot. Jadi masukkan jeroan di awal-awal saat air masih dingin, kemudian diamkan dengan api besar selama 10 menit. Setelah mendidih, angkat jeroan dan diamkan beberapa saat sebelum diolah.

4. Gunakan Rempah

4 Cara Membersihkan Jeroan yang Benar Agar Tak Amis4 Cara Membersihkan Jeroan yang Benar Agar Tak Amis Foto: iStock

Untuk menghilangkan aroma amis dan prengus, kamu bisa menambahkan beberapa rempah ketika merebus. Misalnya menambahkan jahe dan garam untuk sekaligus memberikan rasa.

Menurut Chef Stefu, cara tersebut dapat memberikan cita rasa pada jeroannya, sehingga tidak hambar. Selain jahe, Chef Stefu juga menyarankan untuk menambahkan lengkuas dan daun salam ke dalam rebusan.

Baca Juga: 7 Tips Bersihkan Usus Sapi dan Cara Mengolahnya



Simak Video "Cara Menghitung Protein Daging Sapi-Kambing yang Harus Dikonsumsi"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com