Ayah Bikin Kantin untuk Semangati Putranya Sekolah Online Pertama

Riska Fitria - detikFood Rabu, 14 Jul 2021 19:00 WIB
Ayah buatkan kantin Ilustrasi Foto: iStock
Jakarta -

Di hari pertama putranya sekolah online, seorang bapak membuatkan kantin jajan kecil-kecilan. Untuk membeli jajannya, si anak harus menyetor tugas dan hafalan.

Minggu ini adalah minggu pertama anak-anak mulai kembali bersekolah. Sayangnya, sekolah masih diberlakukan secara online karena pandemi COVID-19. Tak terkecuali bagi anak-anak yang baru pertama kali sekolah.

Momen bersekolah secara langsung di gedung sekolah pun dirindukan oleh murid-murid. Terlebih pada kantinnya yang menyajikan aneka jajanan dan makanan lezat dengan harga terjangkau.

Ayah buatkan kantinAyah Bikin Kantin untuk Semangati Putranya Sekolah Online Pertama. Ilustrasi Foto: iStock

Baca Juga: Sedih! Anak Ini Diejek Karena Bawa Bekal Rantang ke Sekolah

Hal itulah yang menginspirasi seorang pria di Malang, Jawa Timur untuk membuat kantin jajan di rumah. Itu dilakukan guna membuat putranya bersemangat di hari pertama bersekolah online.

Gambaran kantin jajannya dibagikan pertama kali lewat akun Twitter @apriantodhany (13/07). Dalam unggahannya ia memperlihatkan aneka jajanan dijajakan di atas meja lengkap mulai dari makanan hingga minuman.

Jenis makanannya pun beragam, ada pisang, chiki kentang, susu, teh, sosis, mie, biskuit dan masih banyak lagi. Selain itu, ia juga mengunggah foto seorang bocah lak-laki yang tengah serius belajar menggunakan laptop. Kepada detikcom(14/07) Aprianto mengatakan bahwa bocah tersebut adalah keponakannya.

Ayah buatkan kantinAyah Bikin Kantin untuk Semangati Putranya Sekolah Online Pertama Ilustrasi Foto: iStock

"Anak kecil ini sudah mulai sekolah. Buka laptop, google class, terus langsung njujug kantin," tulis Aprianto.

Aprianto mengatakan bahwa ayah dari bocah tersebutlah yang menjaga kantinnya. Seperti layaknya kantin, jika ingin mengambil makanan di sana putranya pun harus membayar.

"Bedanya hanya ini di rumah dan kantin dijaga bapaknya sendiri," ujar Apriyanto.

Aprianto menjelaskan bahwa keponakannya bisa membayar menggunakan uang. Jadi, setiap sekolah online, keponakannya akan diberi uang saku seperti sekolah langsung.

Nah, uang itulah yang bisa digunakan untuk membeli jajanan di kantin. Selain uang, Aprianto mengatakan bahwa sistem bayarnya bisa juga menggunakan tugas dan hafalan dari pelajaran di sekolah onlinenya.

Ayah Bikin Kantin untuk Semangati Putranya Sekolah Online PertamaAyah Bikin Kantin untuk Semangati Putranya Sekolah Online Pertama Foto: Twitter @ApriantoDhany

"Anak tetep dapat uang saku Beli jajan di kantin pake uang plus tugas. Bisa hafalan surat pendek atau bantu mamanya," ujar Aprianto.

Unggahan tersebut langsung ramai ditanggapi netizen. Tak sedikit netizen yang merindukan momen jajan di sekolah dan aneka jajanan di kantin sekolah masing-masing.

"Salah satu "experience" persekolahan yang hilang : pengalaman jajan jajanan sekolahan. Padahal ini salah satu hal yang akan dikangenin di kemudian hari. Aku kangen pempek SMP 13 yang aneh tapi enak banget ditaburin micin gitu," tulis netizen.

"Yaps. Jajanan pabrikan sih gampang ya, bisa beli di warung sebelah, dijejer-jejer gini. Tapi jajanan yg dibikin bibi-bibi atau mamang-mamang, yg full micin dan es itu tak tergantikan," tulis netizen lainnya.

Baca Juga: Murid Ini Tetap Belajar Online Sambil Jadi Pengantar Makanan



Simak Video "Mengintip Kantin Instagramable di 'Kampus Selebgram'"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com