Pizza Delivery Enak

Jadi Kesukaan Timnas Italia, Margherita Disebut Ratu Pizza yang Ikonik

Sonia Basoni - detikFood Jumat, 09 Jul 2021 11:00 WIB
Domestic classic italian pizza margherita with tomatoes sauce, mozzarella and basil on a table. Foto: iStock
FOKUS BERITA Pizza Delivery Enak
Jakarta -

Jadi makanan yang paling disukai timnas sepakbola Italia. Pizza margherita sering disebut sebagai ratunya pizza di Italia. Pizza ikonik dengan bahan sederhana ini ternyata punya banyak kisah menarik dibaliknya.

Masih dalam semarak kemenangan timnas sepakbola Italia saat berhasil menyingkirkan Spanyol di babak semifinal Piala Eropa 2020. Timnas Italia rupanya merayakan kemenangan mereka dengan menyantap pizza sepuasnya. Di antara sekian banyak pizza yang dipilih, mereka paling gemar menyantap pizza margherita.

Berbeda dengan jenis pizza enak lainnya. Pizza yang satu ini berhubungan erat dengan sejarah kerajaan Italia dulu, serta pengaruhnya pada varian pizza lainnya, hingga menggantikan citra pizza dari makanan khusus untuk orang miskin menjadi makanan yang bisa digemari semua kalangan.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa fakta menarik seputar pizza margherita.

Berasal dari Naples

Preparing Classical Pizza Margherita. Cooks add grated parmesan cheese. Selective focusPreparing Classical Pizza Margherita. Cooks add grated parmesan cheese. Selective focus Foto: iStock

Kecintaan Ratu Margherita pada pizza berawal dari kunjungannya ke kota Naples di Italia, bersama sang suami. Yaitu Raja Umberto I. Di sela-sela kunjungannya, Ratu Margherita memutuskan untuk makan di restoran atau kedai pizza milik Raffaelle Esposito.

Di sana ia disajikan pizza margherita, pizza yang didedikasikan khusus untuk menghormati dirinya saat berkunjung ke Naples. Ketika mencobanya, Ratu Margherita langsung jatuh hati dengan kombinasi rasa keju dan daun basil untuk pizza tersebut.

Tapi ada juga yang bilang bahwa sebenarnya margherita itu diambil dari bahasa Italia yang artinya 'daisy' sejenis bunga. Karena motif daun basil di atasnya membuat tampilan pizza ini memiliki permukaan seperti bunga.

Baca Juga: Gerai Pizza Ini Luncurkan Pizza Topping Telur Pitan dan Darah Babi


Ratunya Pizza

Preparing Classical Pizza Margherita. Cooks add grated parmesan cheese. Selective focusPreparing Classical Pizza Margherita. Cooks add grated parmesan cheese. Selective focus Foto: iStock

Bukan tanpa alasan mengapa pizza margherita menyandang status sebagai ratunya dari para pizza di Italia. Hal ini tidak lepas dari sosok Ratu Margherita of Savoy, yang tergila-gila pada pizza saat tahun 1889. Saat itu salah satu pembuat pizza ternama, Raffaelle Esposito membuat pizza dengan nama 'Margherita'.

Pizza ini memang didedikasikan untuk Ratu Margherita, bagian atas pizza sengaja dihias dengan warna yang menyerupai bendera Italia. Walaupun sebenarnya resep pizza margherita ini sudah ada sejak tahun 1810an meskipun belum ada resminya.

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat margherita ini sangat sederhana. Hanya adonan pizza, saus tomat handmade yang masih segar, keju mozarella dan daun basil sebagai pelengkapnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Ide Awal Munculnya Taman Piknik di Museum Satria Mandala"
[Gambas:Video 20detik]
FOKUS BERITA Pizza Delivery Enak
FOKUS BERITA Pizza Delivery Enak

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com