Jamu Pokak jadi Rahasia Mensos Tri Rismaharini Jaga Imun Tubuh di Tengah Pandemi

Riska Fitria - detikFood Rabu, 07 Jul 2021 15:30 WIB
Tri Rismaharini Foto: Kemensos
Jakarta -

Menteri Sosial Tri Rismaharini punya racikan herbal tersendiri untuk menjaga daya tahan tubuh di tengah pandemi. Racikannya adalah jamu pokak yang mudah dibuat.

Di tengah pandemi COVID-19 seperti sekarang ini, penting bagi kita untuk menjaga daya tahan tubuh. Makanan dan minuman bernutrisi bisa menjadi pilihan untuk menjaga daya tahan tubuh.

Seperti Menteri Sosial Tri Rismaharini yang selalu menjaga daya tahan tubuhnya dengan minum jamu. Jamu andalan Tri Rismaharini tersebut adalah jamu pokak yang terbuat dari rempah-rempah.

Baca Juga: 3 Makanan Ini Dipilih Nabi Muhammad SAW untuk Cegah Virus Masuk ke Tubuh

Tri RismahariniJamu Pokak jadi Rahasia Mensos Tri Rismaharini Jaga Imun Tubuh di Tengah Pandemi Foto: Kemensos

"Aku minum jamu dari dulu. Namanya jamu pokak. Sekarang aku bikin sendiri, karena bikinnya agak lama," ujar Tri Rismaharini seperti yang dikutip dari Instagram @kemensosri (06/07).

Lebih lanjut, wanita yang pernah menjabat sebagai Walikota Surabaya ini mengatakan bahwa dalam membuat jamu pokak membutuhkan waktu selama tiga jam. Bahan-bahan yang digunakan adalah rempah-rempah alami.

"Dari jahe, serai, kayu manis, cengkeh, gula Jawa dan direbus aja selama tiga jam, karena kalau gak tiga jam gak keluar zatnya," ujar Tri Rismaharini.

Mengenal jamu pokak atau wedang pokak ini merupakan minuman herbal yang berasal dari Jawa Timur, tepatnya di Probolinggo. Biasanya jamu pokak menjadi suguhan untuk tamu yang datang bersilaturahmi saat lebaran.

Jamu Pokak jadi Rahasia Mensos Tri Rismaharini Jaga Imun Tubuh di Tengah PandemiJamu Pokak jadi Rahasia Mensos Tri Rismaharini Jaga Imun Tubuh di Tengah Pandemi Foto: iStock

Hal tersebut sudah menjadi tradisi turun temurun bagi masyarakat Probolinggo. Saking populernya, jamu pokak juga dijadikan sebagai oleh-oleh khas Probolinggo.

Karena terbuat dari rempah-rempah alami, maka jamu pokak mengandung nutrisi dan kaya akan manfaat. Salah satunya mengandung curcumin dan gingerol pada jahe yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

Mengonsumsi jamu pokak dapat bermanfaat untuk mengobati batuk, demam, masuk angin, menurunkan tingkat kolesterol, menghilangkan bau badan dan meningkatkan sistem daya tahan tubuh.

Jamu Pokak jadi Rahasia Mensos Tri Rismaharini Jaga Imun Tubuh di Tengah PandemiJamu Pokak jadi Rahasia Mensos Tri Rismaharini Jaga Imun Tubuh di Tengah Pandemi Foto: iStock

Karena manfaatnya, Tri Rismaharini selalu mengonsumsi jamu pokak. Bahkan ia pernah mengajak para relawan untuk ramai-ramai membuat jamu pokak di dapur umum. Jamu pokak itu kemudian diberikan kepada masyarakat sekitar.

Membuat jamu pokak juga sangat mudah, berikut resepnya:

Bahan:


2 batang serai
1 batang (4 cm) kayu mais
2 lembar daun pandan
2 buah kapulaga
3 buah cengkeh
1 bunga lawang/pekak
2 cm jahe
1/2 sendok makan merica butiran
air secukupnya

wedangwedang pokakJamu Pokak jadi Rahasia Mensos Tri Rismaharini Jaga Imun Tubuh di Tengah Pandemi Foto: Instagram

Cara membuat:

1. Khusus untuk serai, daun pandan dan jahe lebih dulu iris tipis-tips.
2. Lalu campurkan semua bahan-bahan dalam panci dan tambahkan air secukupnya hingga mendidih dan warnanya berubah menjadi kecokelatan juga mengeluarkan aroma wangi.
3. Setelah mendidih dan agak susut, matikan api, kemudian disaring.
4. Untuk menambahkan rasa kamu bisa menambahkan gula atau madu secukupnya.
5. Wedang pokak siap diminum hangat-hangat

Baca Juga: Lengkapi Sarapan dengan Jamu Tradisional Untuk Tingkatkan Imunitas



Simak Video "Cukup Bayar Rp 2.000, Bisa Makan Sepuasnya di Warung Ini"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com