Masya Allah! Ini 7 Sunnah Nabi Muhammad SAW ketika Minum Air

Riska Fitria - detikFood
Selasa, 06 Jul 2021 06:00 WIB
Masya Allah! Ini 7 Sunnah Nabi Muhammad SAW ketika Minum Air
Foto: iStock

6. Jangan Meniup atau Menghembuskan Nafas ke dalam Gelas

Adab yang Baik saat Minum Sesuai Sunnah Nabi Muhammad SAWMasya Allah! Ini 7 Sunnah Nabi Muhammad SAW ketika Minum Air Foto: iStock

Penting juga untuk tidak meniup atau menghembuskan nafas ke dalam gelas yang berisi air. Abdullah Bin Abbas meriwayatkan bahwa Nabi Muhammad SAW berkata, "Jangan meniup dari mulutmu ke dalam makanan dan air,".

Ilmu pengetahuan menunjukkan bahwa menghirup CO2 ke dalam segelas air dapat menyebabkan bereaksi dan membentuk asam karbonat yang dapat mengganggu lingkungan internal sehingga menyebabkan penurunan pH.

Dalam kondisi yang lebih buruk, hal tersebut dapat menyebabkan asidosis atau kondisi di mana darah mengandung terlalu banyak asam atau basa yang sangat rendah. Bisa juga menurunkan pH darah, seperti dikutip dari Royal Society of Chemistry.

7. Mengucapkan Alhamdulillah

Setelah memulai dengan ucapan Bismillah, maka Islam juga mengajarkan mengakhiri dengan ucapan Alhamdulillah. Rasulullah SAW berkata, "Bacalah 'bismillah' sebelum minum dan ucapkan 'alhamdulillah' setelah minum,".

Hal ini dilakukan untuk memuji Allah SWT karena telah memberkati kita dengan air, tidak berwarna, tidak berbau, tidak berasa tetapi merupakan minuman terpenting di seluruh bumi.

Baca Juga: Waktu Terbaik Minum Air Putih, Sebelum atau Sesudah Makan?



Simak Video "Bikin Laper: Aneka Potato Cheese Bread ala Korea di Tengah Jakarta"
[Gambas:Video 20detik]

(raf/odi)