Kamu Merasa Makanan 'Rasa Kulkas'? Ternyata Ini Penyebabnya

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 30 Jun 2021 11:30 WIB
Kamu Merasa Makanan ‘Rasa Kulkas’? Ternyata Ini Penyebabnya Foto: Getty Images/iStockphoto/AndreyPopov
Jakarta -

Makanan yang disimpan di kulkas terkadang memiliki aroma dan rasa aneh. Orang-orang sering menyebutnya 'rasa kulkas'. Ini penjelasan di baliknya.

Pernahkah kamu mengambil makanan dari kulkas lalu ketika mencicipinya terasa aneh? Begitupun dengan aromanya. Padahal makanan tersebut tidak basi, tapi tetap terasa tidak biasa.

Hal ini kerap terjadi pada makanan yang disimpan terlalu lama di kulkas atau di freezer. Akhirnya banyak orang penasaran dengan penyebab makanan 'rasa kulkas'.

Dikutip dari Cnet (26/6), berikut berbagai penyebab makanan mungkin memiliki 'rasa kulkas':

1. Kulkas yang bau

Kamu Merasa Makanan 'Rasa Kulkas'? Ternyata Ini PenyebabnyaKamu Merasa Makanan 'Rasa Kulkas'? Ternyata Ini Penyebabnya Foto: Getty Images/iStockphoto/AndreyPopov

Salah satu penyebab makanan dari kulkas tercium atau terasa aneh adalah karena kondisi kulkas kamu sendiri. Perlu diingat bahwa sebagian besar komponen kulkas adalah plastik.

Bahan plastik menyerap bau yang pada akhirnya mempengaruhi kualitas makanan yang disimpan di dalamnya. Solusi terbaik adalah membersihkan kulkas secara rutin.

Kamu bisa memanfaatkan baking soda yang ditaruh di dalam kulkas. Baking soda bisa menyerap bau-bau tak sedap di dalam kulkas dan meninggalkan aroma 'bersih' setelah 3 hari.

Selain ditaruh di dalam kulkas, kamu juga bisa membuat larutan pembersih dari baking soda yang dicampur air. Kemudian gunakan larutan tersebut untuk membersihkan area-area dalam kulkas.

Mau yang lebih cepat? Taruh saja semangkuk bubuk kopi di dalam kulkas. Biarkan selama 24-48 jam kemudian keluarkan. Bubuk kopi akan menyerap bau tak sedap dan menggantikannya dengan aroma harum.

2. Rak sayuran kotor

Penyebab lain makanan 'rasa kulkas' adalah rak sayuran yang kotor. Sering kali kamu menaruh banyak sayuran atau buah segar di rak kulkas paling bawah.

Ketika kondisinya sudah tidak segar, kamu mungkin sudah membuang semuanya tapi kamu lupa membersihkan rak kulkas tersebut. Sisa-sisa sampah sayuran dan buah inilah yang kemudian mempengaruhi aroma dan rasa makanan lain yang ada dalam kulkas.

Solusinya, selalu pastikan semua rak-rak di dalam kulkas bersih. Untuk rak sayuran ini, kamu bisa mengeluarkannya dari kulkas dulu kemudian mencucinya dengan air hangat dan sabun. Setelah itu keringkan dan pasang kembali di dalam kulkas.

3. Wadah tetes kulkas berjamur

Kamu Merasa Makanan 'Rasa Kulkas'? Ternyata Ini PenyebabnyaKamu Merasa Makanan 'Rasa Kulkas'? Ternyata Ini Penyebabnya Foto: Getty Images/iStockphoto/AndreyPopov

Di dalam kulkas ada wadah plastik tipis yang biasanya jadi pemisah antar rak. Perhatikan kebersihan wadah ini karena mungkin saja berjamur.

Saat ada jamur, besar kemungkinan aroma dan rasa makanan akan terpengaruh. Selalu cuci wadah ini secara rutin dengan air hangat dan sabun.

4. Kondisi kolong kulkas kotor

Jika sudah melakukan semua cara dan makanan kamu tetap masih 'rasa kulkas', ada kemungkinan masalah itu bukan pada kulkas kamu melainkan di bawahnya. Coba cek ada apa saja di kolong kulkas.

Bukan tidak mungkin ada sisa-sisa makanan dan minuman yang jatuh hingga akhirnya membusuk. Bersihkan juga kolong kulkas secara rutin.



Simak Video "Bikin Laper: Terkenalnya Bakso Theresia yang Autentik"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com