5 Fakta Gyoza yang Menarik, Sejarah dan Cara Membuatnya

Riska Fitria - detikFood Senin, 28 Jun 2021 13:30 WIB
5 Fakta Gyoza yang Menarik, Sejarah dan Cara Membuatnya Foto: iStock
Jakarta -

Cara membuat gyoza menjadi salah satu tantangan Masterchef Indonesia season 8. Makanan yang dikenal sebagai jajanan Jepang ini ternyata berasal dari China.

Gyoza adalah jajanan berupa pangsit ala Jepang yang biasanya diisi dengan daging babi dan kubis. Namun, kini gyoza sudah banyak dikreasikan dengan berbagai isian, salah satunya menggunakan daging ayam.

Meski dikenal sebagai dumpling khas Jepang, tetapi sebenarnya gyoza ini berasal dari daratan China. Di balik rasanya yang lezat, gyoza ini memiliki kisah unik tentang sejarahnya.

Berawal dari makanan musim dingin, kini gyoza dikenal sebagai makanan pendamping yang tak pernah ketinggalan di restoran Jepang.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut 5 fakta menarik tentang gyoza:

1. Asal-usul Gyoza

5 Fakta Gyoza yang Menarik, Sejarah dan Cara Membuatnya5 Fakta Gyoza yang Menarik, Sejarah dan Cara Membuatnya Foto: iStock

Dikenal sebagai jajanan khas Jepang, ternyata Gyoza berasal dari China. Gyoza memiliki nama asli yaitu jiaozi. Kata 'jiao' dalam bahasa China artinya tanduk karena bentuknya seperti tanduk.

Gyoza diciptakan pertama kali oleh Zhang Zhongjing, seorang ahli pengobatan tradisional di China. Berawal dari kala itu sedang terjadi musim dingin.

Kemudian banyak masyarakat kurang mampu yang kedinginan hingga telinga mereka membeku. Ia pun ingin membantu mereka, sehingga ia menciptakan makanan yang bisa meningkatkan suhu tubuh.

Bahan-bahan yang digunakan saat itu adalah daging kambing muda, merica dan obat-obatan tradisional yang dibungkus di dalam lapisan tipis. Bentuknya dibuat menyerupai telinga.

Ada makna di balik bentuknya tersebut, yaitu untuk mengingatkan kondisi saat itu yang membuat daun telinga beku, kering dan pecah-pecah.

Baca Juga: Gyoza Enak dan Gurih Bisa Dinikmati di 5 Tempat Ini

2. Masuk ke Jepang saat Perang Dunia II

5 Fakta Gyoza yang Menarik, Sejarah dan Cara Membuatnya5 Fakta Gyoza yang Menarik, Sejarah dan Cara Membuatnya Foto: iStock

Resep gyoza kemudian secara turun temurun dimodifikasi sehingga menjadi salah satu makanan wajib setiap perayaan tahun baru China. Hingga akhirnya gyoza pun masuk ke Jepang saat Perang Dunia II.

Kala itu, tentara jepang sedang melakukan invasi ke China. Setelah perang selesai, tentara Jepang membuat dan memodifikasi jiaozi dan mengubah namanya menjadi gyoza.

Biasanyagyoza dibuat dengan bahan-bahan seperti kucai, daun bawang, kubis, jahe, bawang putih, kecap, minyak wijen dan daging. Jenis daging yang digunakan adalah daging babi atau daging ayam.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Masak Masak: Gyoza, Camilan Favorit Saat di Rumah Aja"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com