Hidup Kekurangan, Petugas Kebersihan Ini Tetap Tawarkan Minuman Gratis ke Pengunjung

Sonia Basoni - detikFood Senin, 28 Jun 2021 13:00 WIB
Hidup Kekurangan, Petugas Kebersihan Ini Tetap Tawarkan Minuman Gratis ke Pengunjung Foto: Facebook Andrew Wong/Site News
Jakarta -

Meski hidup kekurangan dan terbatas, tapi nenek yang bekerja sebagai petugas kebersihan di pujasera ini tetap tawarkan minuman gratis ke pengunjung.

Berbuat kebaikan bisa dilakukan di mana saja meski hanya hal kecil. Seperti aksi kebaikan yang dirasakan oleh pria asal Singapura bernama Andrew Wong. Kala itu Andrew tengah makan di pujasera Geylang Bahru Food Centre, yang menjual berbagai jenis makanan dan minuman.

Baca Juga: Mulia! Beri Makanan Gratis dan Jual Jeruk, Aksi Kebaikan dari Makanan

Memang di setiap area pujasera pasti ada petugas kebersihan, yang mengangkat piring kotor sampai membersihkan sisa-sisa makanan pengunjung. Petugas kebersihan ini kebanyakan orang yang sudah lanjut usia, seperti usia 70 tahun ke atas.

"Jadi kita sempat makan malam di Geylang Bahru, pesan tiram goreng dan mie pedas ban mian. Kemudian ada petugas kebersihan, usianya mungkin sekitar 70 atau 80 tahun. Meski sudah tua tapi kerjanya sangat gesit dan bersih," puji Andrew di Facebooknya (25/06).

Namun yang menyentuh hati Andrew bukanlah pekerjaan wanita tua ini. Tapi ketika ia menghampiri meja Andrew, dan menawarkannya minuman gratis. Andrew sempat mengira bahwa petugas kebersihan itu meminta dibelikan minum olehnya, tapi ternyata Andrew salah kira.

Hidup Kekurangan, Petugas Kebersihan Ini Tetap Tawarkan Minuman Gratis ke PengunjungHidup Kekurangan, Petugas Kebersihan Ini Tetap Tawarkan Minuman Gratis ke Pengunjung Foto: Facebook Andrew Wong/Site News

"Petugas kebersihan itu bilang bahwa dia bukan minta dibelikan minuman oleh kita. Ia justru ingin membelikan kita minuman gratis, karena dia masih memiliki sisa uang di salah satu kedai minuman di sana," lanjut Andrew.

Tentu saja Andrew menolak tawaran itu dengan halus. Tapi wanita itu masih terus menawarkannya berbagai jenis minuman dingin hingga panas. Karena penasaran akhirnya Andrew bertanya, mengapa petugas kebersihan ini ingin membelikannya minuman gratis.

"Ia menjawab karena saya dan teman saya terlihat kepedasan ketika menyantap makanan kami. Makanya ia tidak tega, dan menawarkan kami minuman gratis dari uangnya sendiri," pungkas Andrew, yang tersentuh dengan kebaikan petugas kebersihan tersebut. Meski dia tahu bahwa petugas kebersihan itu tidak memiliki uang melimpah untuk membelikannya minuman.

Hidup Kekurangan, Petugas Kebersihan Ini Tetap Tawarkan Minuman Gratis ke PengunjungHidup Kekurangan, Petugas Kebersihan Ini Tetap Tawarkan Minuman Gratis ke Pengunjung Foto: Facebook Andrew Wong/Site News

"Tentunya kami sangat tersentuh dengan kebaikan hati petugas kebersihan itu yang peduli kepada dua orang asing," tutupnya.

Dalam hitungan jam, curhatan Andrew tentang kebaikan penjaga kebersihan ini langsung viral di Facebook. Bahkan curhatannya sudah 5,7 tribu kali dibagikan dan disukai 71 ribu orang.

"Baik sekali bibi yang satu ini, ceritanya sangat menyentuh," puji netizen.

"Saya jadi terharu membacanya, masih banyak ternyata orang baik di dunia ini. Kita hanya perlu menemukannya, atau menjadi salah satunya," komen netizen.

"Jadi penasaran, apakah kalian berdua memakai baju lusuh saat makan di sana sampai dikira tak mampu beli minum?" canda netizen lainnya.

Baca Juga: 5 Aksi Kebaikan Ajak Tunawisma Makan Bareng yang Wajib Dicontoh



Simak Video "Netizen Indonesia Kecam Menu Nasi Padang Modifikasi Restoran Singapura"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
eLife
×
Di Balik Gemerlap Host Livestreaming Online
Di Balik Gemerlap Host Livestreaming Online Selengkapnya