Viral Kisah Pria Tewas karena Makan Durian Usai Vaksin, Ini Faktanya

ADVERTISEMENT

Viral Kisah Pria Tewas karena Makan Durian Usai Vaksin, Ini Faktanya

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood
Kamis, 24 Jun 2021 19:30 WIB
Viral Kisah Pria Tewas karena Makan Durian Usai Vaksin, Ini Faktanya
Foto: World of Buzz/Twitter Kementerian Kesehatan Malaysia

1. Hindari minuman alkohol

Minuman alkohol sangat disarankan untuk tidak dikonsumsi sebelum dan sesudah vaksin Covid-19. Hal ini karena bisa memperburuk efek vaksin seperti pusing, sakit kepala, nyeri otot, demam, hingga mual.

Konsumsi minuman alkohol ringan bahkan bisa memicu dehidrasi yang akan semakin memperburuk efek tersebut. Ketika kamu dehidrasi atau sedikit mabuk, kondisi ini akan membuat kamu bingung mengenali antara respons tubuh terhadap alkohol atau vaksin.

Alasan lain tidak minum alkohol sebelum dan sesudah vaksin Covid-19 adalah sifatnya yang melemahkan imunitas. Peneliti mengungkapnya dalam jurnal Alcohol Research. Terbukti bahwa kelebihan asupan minuman alkohol akan melemahkan sistem imun tubuh.

2. Pilih makanan yang memicu kantuk

Kombinasi 2 + 3, Cara Sehat Mengasup Buah dan Sayur agar Panjang UmurKonsumsi ragam buah dan sayur baik untuk kesehatan Foto: Getty Images/iStockphoto/vaaseenaa

Kunci lain dari tubuh prima saat hendak vaksin adalah cukup tidur di malam sebelumnya. Hal ini bisa didapat dari memilih makanan yang tepat. Konsumsi beberapa makanan diketahui dapat memicu kantuk.

Hindari makanan tinggi lemak jenuh dan gula karena akan mengganggu kualitas tidur. Sebaliknya, makan makanan tinggi serat karena akan membuat tidur kamu lebih berkualitas. Ragam buah, sayur, kacang-kacangan, dan minyak zaitun bisa dicoba.

3. Pastikan tubuh tetap terhidrasi

Para pakar menyoroti hidrasi yang baik adalah hal terpenting untuk membuat tubuh siap sebelum dan sesudah vaksinasi. Menurut Institute of Medicine (IOM), wanita butuh 2.7 liter cairan per hari, sedangkan pria 3.7 liter.

Cairan ini tidak hanya didapat dari konsumsi air putih, tapi juga makanan dan minuman lain. Kalau kamu tidak suka air putih, akali dengan menambahkan bahan sehat seperti lemon, irisan mentimun, atau bahkan daun mint segar untuk membuat rasa air putih lebih enak.

Baca di halaman selanjutnya.



Simak Video "Pelonggaran Kebijakan Dine In Diharapkan Dorong Program Vaksinasi"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT