Dunia Kopi, Kios Milik Suradi yang Jadi Langganan Para Pejabat

Riska Fitria - detikFood Minggu, 20 Jun 2021 08:00 WIB
Dunia Kopi, Kios Milik Suradi yang Jadi Langganan Para Pejabat Foto: Dunia Kopi
Jakarta -

Di Pasar Santa ada kios yang menawarkan kopi dari berbagai daerah di Indonesia. Berawal dari usaha kecil-kecilan, kini kiosnya berkembang pesat hingga jadi langganan para pejabat.

Lewat unggahan di Instagramnya, Menteri Keuangan Sri Mulyani membagikan momen saat membeli kopi di kios Dunia Kopi. Kios kopi tersebut berada di dalam Pasar Santa, Kebayoran, Jakarta Selatan.

Dunia Kopi merupakan kios milik Suradi yang berhasil membuat Sri Mulyani kagum. Berkat kerja keras Suradi dan istrinya, kios tersebut kian berkembang pesat dengan jenis-jenis kopi yang ditawarkan.

Baca Juga : Ngopi Lokalan dan Tambah Ilmu di Kopi Craft Indonesia

Dunia Kopi, Kios Milik Suradi yang Jadi Langganan Para PejabatDunia Kopi, Kios Milik Suradi yang Jadi Langganan Para Pejabat Foto: Dunia Kopi

"Berawal dari 9 stoples kopi sangrai (roasted) pinjaman dari teman baiknya Pak Suradi dan istrinya mengembangkan usahanya dengan ulet dan sabar," tulis Sri Mulyani dalam caption (18/06).

Ternyata kios Dunia Kopi didirikan sejak tahun 2000. Kepada detikcom (18/06) Suradi menceritakan ketertarikannya pada kopi hingga akhirnya memutuskan untuk mendirikan kios kopi.

"Dulu tuh kalau ngeliat kopi kayaknya susah ya dibeli. Yang ada di pasar adanya yang bubuk, kita pun punya banyak kopi dari Aceh sampai Papua tapi belinya susah," ujar Suradi.

Dunia Kopi, Kios Milik Suradi yang Jadi Langganan Para PejabatDunia Kopi, Kios Milik Suradi yang Jadi Langganan Para Pejabat Foto: Dunia Kopi

"Jadi saya pikir, gimana gitu ya supaya di pasar ada kopi dari setiap daerah. Harganya murah, jadi Rp 100 ribu bisa dapat sampe 7 jenis kopi," sambung Suradi.

Lebih lanjut, Suradi juga menjelaskan bahwa ada empat jenis kopi yang ditawarkan, yakni Arabica, Robusta, Liberica dan Excelsa. Jenis prosesnya juga bermacam-macam.

Mulai dari full wash, semi wash, natural, honey, anaerob dan wine. Dari empat jenis kopi itu, Suradi menuturkan bahwa kopi jenis Arabica yang paling banyak diminati oleh pelanggan.

Biji kopi diambil langsung dari petani-petani lokal. Ada juga yang diambil dari perkebunan kopinya sendiri yang berada di Gunung Cihurip, Garut, Jawa Barat.

Dunia Kopi, Kios Milik Suradi yang Jadi Langganan Para PejabatDunia Kopi, Kios Milik Suradi yang Jadi Langganan Para Pejabat Foto: Dunia Kopi

Dalam satu bulan, Suradi berhasil menjual kopi sekitar 300 hingga 500 kilogram. Penjualannya pun tidak hanya di daerah Indonesia saja, tetapi juga mencakup luar negeri, seperti Singapura, Korea, Jepang dan Arab.

"Baru kemarin kirim 1 ton ke Singapura. Banyak orang luar suka sama kopi kita. Orang Jepang sering ke sini, biasanya mereka gak suka asam, jadi beli kopi Bali atau Toraja," tutur Suradi.

Menariknya lagi kios Dunia Kopi milik Suradi ini menjadi langganan para pejabat tinggi dan tokoh penting. Selain Sri Mulyani, sebelumnya Kemenparekraf Sandiaga Uno juga pernah menyambangi kiosnya.

"Seri pejabat-pejabat yang memang suka ngopi mampir Sekda Marullah Matali, Sri Mulyani udah dua kali sama suaminya, Sandiaga Uno, Rizal Ramli juga pernah," tutur Suradi.

Dengan bisnis kopinya ini, Suradi berharap dapat mengembangkan jenis kopi lokal bukan hanya di Indonesia, tetapi juga dikenal hingga ke seluruh dunia.

Baca Juga : Manfaat Minum Kopi di Pagi Hari pada Tubuh



Simak Video "Kenalan dengan Liberika, Jenis Kopi Langka dengan Rasa Unik"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com