Sandiaga Uno Jajan Jalangkote di Maros Sambil Ingatkan Prokes ke Pengunjung

Diah Afrilian - detikFood Jumat, 18 Jun 2021 12:00 WIB
Sandiaga Uno Jajan Jalangkote di Maros Sambil Ingatkan Prokes ke Pengunjung Foto: Instagram/sandiuno
Jakarta -

Membeli oleh-oleh khas Makassar saat berkunjung ke sana tentunya tidak boleh dilewatkan. Seperti halnya yang dilakukan oleh Sandiaga Uno yang berburu Jalangkote saat mampir ke Maros.

Kekayaan budaya Indonesia juga dilengkapi dengan kekayaan ragam kuliner yang sangat bermacam-macam. Di setiap daerah di Indonesia memiliki makanan tradisionalnya masing-masing yang khas dan tidak ditemukan di tempat lain.

Hal ini membuat tradisi 'oleh-oleh' atau membeli makanan maupun barang-barang khas dari suatu daerah saat sedang berada di daerah tersebut begitu populer di Indonesia. Bahkan sekelas Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Sandiaga Uno, tidak lupa untuk membeli oleh-oleh khas Makassar saat tengah berkunjung ke Makassar.

Sandiaga Uno Jajan Jalangkote di Maros Sambil Ingatkan Prokes ke PengunjungSandiaga Uno Jajan Jalangkote di Maros Sambil Ingatkan Prokes ke Pengunjung Foto: Instagram/sandiuno

Dilansir melalui akun Instagram resmi @sandiuno (17/6) Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif atau Menparekraf tersebut tengah berada di Makassar. Dalam kunjungannya ke Makassar beliau menyempatkan diri untuk membeli oleh-oleh berupa jalangkote.

Jalangkote merupakan camilan ringan tradisional khas Makassar. Jalangkote memiliki bentuk menyerupai pastel tetapi antara jalangkote dan pastel memiliki keunikannya masing-masing.

Baca juga: Jalangkote, Jajanan Khas Makassar yang Populer untuk Takjil Buka Puasa

Jika pastel biasanya disajikan dengan cabai rawit atau bumbu kacang, jalangkote disajikan dengan sambal cair khas yang unik. Jalangkote disajikan bersama sambal cair yang terbuat dari campuran cuka dan cabe.

Pada kesempatannya kali itu, Sandiaga Uno memborong berbagai varian jalangkote di Kedai Jalangkote 189. Kedai Jalangkote 189 ini juga dikatakan sebagai kedai jalangkote yang terkenal di Kabupaten Maros, Makassar.

"Yang biasa (jalangkote original) 3, yang spesial 3, terus tadi barongko 3 sama dadar 3," kata Sandiaga Uno.

Sandiaga Uno Jajan Jalangkote di Maros Sambil Ingatkan Prokes ke PengunjungSandiaga Uno Jajan Jalangkote di Maros Sambil Ingatkan Prokes ke Pengunjung Foto: Instagram/sandiuno

Selain jalangkote adapula barongko yang juga makanan khas Makassar. Barongko ini merupakan makanan khas yang terbuat dari pisang yang dihaluskan kemudian dicampur dengan telur, santan, gula pasir serta garam.

Setelah adonan tersebut dicampur kemudian barongko akan dikukus dan dimasukkan ke dalam kulkas. Dibalik rasa barongko yang manis, ternyata pada masa lampau barongko hanya dihidangkan sebagai makanan penutup bagi raja Bugis.

Uniknya sambil membeli oleh-oleh, Sandiaga Uno tidak lupa untuk inspeksi masker bagi para pengunjung yang datang maupun penjual. Saat membeli oleh-oleh tersebut, Sandiaga Uno juga menolak untuk menggunakan plastik.

"Kita nggak usah pake plastik supaya ramah lingkungan," kata Sandiaga Uno.

Membeli oleh-oleh dari UKM setempat menjadi cara terbaik untuk membantu para pelaku usaha lokal untuk bisa bangkit dan tetap bertahan di masa pandemi. Sandiaga Uno juga menyarankan jika tengah berkunjung ke Kabupaten Maros, Makassar, harus membeli Roti Maros yang paling terkenal dan hanya bisa ditemukan di Kabupaten Maros itu sendiri.

Baca juga: Jajan Mie Ayam di PL, Sandi Uno : Saya Masih Ada Utang Nggak?



Simak Video "Persiapan Pemerintah Bawa Tempe Mendunia Seperti Rendang"
[Gambas:Video 20detik]
(dfl/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com