ADVERTISEMENT

Sate Kaki Lima

Sate Srepeh Rembang yang Unik dengan Paduan Nasi Sambal Tahu

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood
Jumat, 18 Jun 2021 15:00 WIB
sate srepeh khas Rembang
Foto: Detikfood

Bu Slamet, tempat makan sate srepeh legendaris

Meski terkenal nikmat, namun sayang penjual sate srepeh di Rembang tak begitu banyak. Seorang penjual yang paling terkenal adalah Bu Slamet. Rumah makannya ada di Jalan KS Tubun, Rembangan.

Dikutip dari rembang.org, usaha Bu Slamet kini sudah dijalankan anaknya. Sejarah panjang melingkupi terciptanya sate srepeh. Konon ibu Bu Slamet mendapat resep bumbu srepeh saat bekerja di rumah pengusaha Tionghoa di Pecinan Rembang.

Setelahnya ibu Bu Slamet pindah kerja dan mengaplikasikan bumbu srepeh sebagai bumbu sate ayam. Dulunya sate srepeh Bu Slamet dijajakan dengan cara dipikul keliling kompleks Pecinan, Rembang.

sate srepeh khas Rembangsate srepeh khas Rembang Foto: Detikfood

Kepada detikfood (6/1/18), pengelola Bu Slamet menyebutkan racikan bumbu sate srepeh menggunakan gula merah, santan dan sejumlah bumbu dapur lainnya seperti bawang merah, bawang putih, garam, dan air.

Untuk memasak tidak terlalu lama, tergantung takarannya saja. Untuk jualan ini saya biasa menyajikan sampai 5 kg daging ayam," tuturnya.

Karena tingginya peminat, sate srepeh buatan Bu Slamet kerap ludes dalam waktu singkat. Bahkan dalam waktu 4 jam sudah bisa habis.

Warung yang berdiri sejak tahun 1970-an ini buka sejak pukul 6 pagi. Ketika kamu datang pukul 10 pagi, biasanya sudah habis. Untuk harganya, seporsi sate srepeh berisi 10 tusuk dibanderol sekitar Rp 24 ribu.

Sate unik lain dari Rembang

Selain sate srepeh, Rembang juga punya sate khas bernama sate laler. Tak perlu khawatir soal penampakan atau rasanya, karena sate ini bukan dibuat dari lalat atau laler.

Sate laler dibuat dari potongan kecil daging kambing. Kemudian sate laler disajikan menggunakan bungkus daun jati sehingga lebih harum.

Biasanya sate laler dimakan bersama sambal kecap yang diberi irisan bawang merah dan tomat. Sate laler mudah ditemui di sepanjang trotoar Jalan Kartini Rembang.

Kalau kamu penggemar sate, jangan lewatkan cicip dua sate ini saat di Rembang. Ada sate srepeh dan sate laler yang sudah siap memanjakan seleramu!


(adr/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT