Sate Kaki Lima

Sate Srepeh Rembang yang Unik dengan Paduan Nasi Sambal Tahu

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Jumat, 18 Jun 2021 15:00 WIB
sate srepeh khas Rembang Foto: Detikfood
FOKUS BERITA Sate Kaki Lima
Jakarta -

Kabupaten Rembang, Jawa Tengah punya racikan sate unik, sate srepeh. Bahan utamanya daging ayam, namun bumbu dan pendampingnya berbeda. Seperti ini keistimewaannya!

Membahas sate nusantara seolah tak ada habisnya. Sebab banyak daerah di Indonesia punya racikan sate unik yang layak dicoba. Tak terkecuali dengan sate khas Rembang, Jawa Tengah.

Namanya sate srepeh yang punya sejumlah fakta unik. Disebut srepeh pun bukan tanpa alasan. Ada kisah di baliknya yang menarik disimak.

Asal-usul nama 'srepeh'

Dikutip dari rembang.org (17/6), sate srepeh disajikan dengan perpaduan bumbu kacang, sambal merah, santan, dan gula merah. Bumbu ini memiliki tekstur encer dan warnanya kuning kecokelatan.

Cita rasanya khas karena campuran gurih, asin, dan pedas. Bumbu inilah yang kemudian dikenal dengan sebutan "srepeh". Sate yang dibalut bumbu inipun disebut sate srepeh.

Bahan utamanya daging ayam

sate srepehsate srepeh Foto: 100 Maknyus Jalur Mudik

Sate srepeh umumnya dibuat dengan bahan utama daging ayam dan jeroan ayam. Namun tak menutup kemungkinan sate srepeh dibuat dari daging kambing atau sapi.

Potongan daging ayamnya pun agak berbeda dengan daging ayam pada sate Madura. Sate srepeh memiliki potongan daging ayam yang lebih pipih.

Penyajiannya juga tak kalah unik. Selain diguyur dengan kuah santan berwarna oranye kemerahan, sate srepeh biasa dimakan dengan nasi sambal tahu.

Nasi ini dibungkus dengan daun jati sehingga lebih harum aromanya. Sate srepeh juga umum dinikmati bersama nasi sayur lodeh.

Selanjutnya
Halaman
1 2
FOKUS BERITA Sate Kaki Lima
FOKUS BERITA Sate Kaki Lima

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com