Ferrari Punya Resto Mewah di Italia, Chefnya Massimo Bottura!

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 16 Jun 2021 12:00 WIB
Ferrari Punya Resto Mewah di Italia, Chefnya Massimo Bottura! Foto: The Upcoming UK
Jakarta -

Ferrari dikenal sebagai merek mobil sport mewah, tapi kini Ferrari juga merambah bisnis kuliner. Restoran milik Ferrari di Italia ini dikelola chef bintang Michelin, Massimo Bottura!

Mendengar Ferrari, banyak orang langsung terbayang mobil sport mewah dan canggih yang harganya fantastis. Tapi tahukah kamu kalau sekarang ada restoran resmi milik Ferrari?

Dikutip dari Reuters (14/6), restoran ini berlokasi tepat di seberang kantor pusat Ferrari di Maranello, Italia. Namanya Il Cavallino yang sempat ditutup tahun 2019 oleh pemiliknya.

Namun pemilik Ferrari, Enzo Ferrari kerap bersantap di restoran ini bersama teman-temannya dan bintang Formula 1. Ia pun putuskan mengambil alih restoran dan membukanya kembali tahun ini.

Bukan Ferrari namanya kalau tidak menambahkan unsur mewah pada bisnis yang dimiliki. Ferrari menggandeng chef kenamaan, Massimo Bottura untuk menjalankan Il Cavallino.

Ferrari Punya Resto Mewah di Italia, Chefnya Massimo Bottura!Ferrari Punya Resto Mewah di Italia, Chefnya Massimo Bottura! Foto: The Upcoming UK

Kiprah chef Bottura di dunia kuliner tidak perlu diragukan lagi. Restorannya, Osteria Francescana pernah dinobatkan sebagai restoran terbaik di dunia tahun 2018 versi World's Best 50 Restaurants.

"Restoran ini terlihat bagus, terlihat cantik," komentar Bottura soal Il Cavallino. Ia lantas menjelaskan konsepnya dalam mengembangkan restoran ini.

Baca Juga: Lihat Gaya Kulineran Massimo Bottura, Chef dan Pemilik Resto Terbaik Dunia

"Saya melihat masa lalu dengan cara kritis, bukan dengan cara nostalgia, untuk membawa yang terbaik dari masa lampau ke masa sekarang, untuk memperbarui tradisi, seperti halnya yang dilakukan Ferrari setiap hari," kata chef 58 tahun ini.

Restoran Il Cavallino sendiri dirancang arsitek berdarah Iran-Prancis bernama India Mahdavi. Di dalamnya terdapat banyak memorabilia terkait Ferrari. Bahkan ada komponen mesin dan mobil balap Ferrari yang dijadikan pajangan di sini.

Ferrari Punya Resto Mewah di Italia, Chefnya Massimo Bottura!Ferrari Punya Resto Mewah di Italia, Chefnya Massimo Bottura! Foto: The Upcoming UK

Untuk menunya, Bottura ingin menggabungkan unsur masa lampau dan masa sekarang. Tentunya dengan penggunaan bahan makanan lokal berkualitas.

"Anda tidak bisa bermain-main dengan pakem tortellini (pasta bentuk cincin khas Italia), tapi Anda bisa menyentuh aspek bagaimana menyajikannya," tutur Bottura.

Ia pun memperkenalkan banyak menu andalan di Il Cavallino. Misalnya krim caramel keju Parmigiano Reggiano dan balsamic vinegar, serta bahan makanan khas Modena lainnya.

Baca Juga: Gucci Berkolaborasi dengan Chef Massimo Bottura Buka Restoran di Beverly Hills

Bottura berujar, "Sangat tradisional dari segi rasa, namun sangat kontemporer dalam penyajiannya." Restoran ini disebut-sebut menawarkan harga yang lebih terjangkau dibanding restoran fine dining lain di Prancis.

Ferrari Punya Resto Mewah di Italia, Chefnya Massimo Bottura!Ferrari Punya Resto Mewah di Italia, Chefnya Massimo Bottura! Foto: The Upcoming UK

Pasalnya Ferrari ingin menjangkau lebih banyak orang. Bukan hanya pemilik mobil Ferrari yang kaya rasa, melainkan juga fans Ferrari dan pencinta makanan secara umum.

"Ini adalah inti dari sebuah restoran, kita harus menyenangkan orang, turis, orang yang ingin menghabiskan waktu di restoran dan menikmatinya," kata Bottura.

"Saya pikir Enzo Ferrari akan datang, duduk di sini dan makan tortellini sebagai kompromi bersejarah, bukan dengan kaldu ayam, bukan dengan krim, tetapi dengan saus Parmigiano Reggiano," pungkas Bottura.

Baca Juga: 5 Chef Dunia Bocorkan 'Rahasia' Dapur Mereka

(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
DMentor
×
dMentor Setop Investasi Bitcoin Cs
d'Mentor Setop Investasi Bitcoin Cs Selengkapnya