Apes! Gegara Makan Roti Biji Poppy Pria Ini Gagal Tes Bebas Narkoba

Devi Setya - detikFood Selasa, 15 Jun 2021 17:30 WIB
Gegara Makan Roti Biji Poppy Pria Ini Gagal Tes Bebas Narkoba Foto: Getty Images/iStockphoto/Santje09
Jakarta -

Sudah membayangkan akan mendapat pekerjaan baru, tapi seorang pria justru harus menelan kekecewaan. Dirinya dianggap positif narkoba usai menyantap roti dengan taburan biji poppy.

Dilansir dari Independent (14/6) seorang pria dinyatakan gagal tes narkoba setelah dirinya terbukti mengandung zat psikotropika. Padahal tes yang dilakukan ini menjadi satu syarat agar ia bisa diterima untuk pekerjaan barunya. Padahal ia merasa sama sekali tak mengonsumsi narkoba jenis apapun.

Danielle Chalkley, kakak dari pria ini menceritakan pengalaman sang adik lewat akun Facebooknya pada 9 Juni lalu. Danielle bercerita kalau adiknya sama sekali tak bisa mengonsumsi obat-obatan, termasuk obat pereda nyeri.

Gegara Makan Roti Biji Poppy Pria Ini Gagal Tes Bebas NarkobaGegara Makan Roti Biji Poppy Pria Ini Gagal Tes Bebas Narkoba Foto: Getty Images/iStockphoto/Santje09

Sialnya, saat melakukan tes bebas narkoba justru tubuh sang adik terdeteksi mengandung narkoba.

"Satu hal yang harus diketahui semua orang. Adikku pergi untuk wawancara kerja hari ini dan harus melakukan tes narkoba. Dia gagal, dengan opium di sistemnya," tulisnya.

Danielle bercerita, satu hari sebelum kakaknya melakukan wawancara untuk pekerjaan barunya, ia membawakan roti biji poppy. Adiknya ini makan dua potong roti pada tanggal 8 dan berencana untuk makan lagi pada tanggal 9 Juni.

"Biji poppy menyebabkan dia gagal dalam tes narkoba. Karena dia gagal, dia tidak mendapatkan pekerjaan barunya, " tulis Danielle. "Jangan makan roti biji poppy dua sampai tiga hari sebelum tes narkoba," dia mengingatkan.


Satu penelitian, yang diterbitkan dalam jurnal Therapeutic Drug Monitoring pada tahun 2010 menyimpulkan bahwa ada kemungkinan konsumsi biji poppy mempengaruhi hasil tes obat. Meskipun pada prakteknya, tidak ada perbedaan dan tanda signifikan pada orang yang habis makan biji poppy atau mengonsumsi heroin atau morfin.

Sementara dilansir dari Healthline, semakin banyak biji poppy yang dikonsumsi seseorang, semakin tinggi kemungkinan seseorang positif mengandung narkoba.

Tesco selaku pihak penjual roti mengatakan kepada Plymouth Live bahwa mereka memiliki beberapa kebijakan kerja sama dengan pemasoknya untuk memastikan biji poppy yang digunakan aman untuk dikonsumsi. Mereka juga mengklaim selalu mengikuti panduan departemen kesehatan untuk menjamin kualitas produknya.



Simak Video "Masak Masak: Bikin Roti Tawar Goreng Isi Cokelat Stoberi"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com