Hari Bakcang, Kenali 7 Jenis Bakcang dari Berbagai Wilayah China

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Sabtu, 12 Jun 2021 14:00 WIB
Hari Bakcang, Kenali 7 Jenis Bakcang dari Berbagai Wilayah China Foto: Getty Images/iStockphoto/insjoy
Jakarta -

Hari bakcang jatuh pada Senin (14/6). Membicarakan hari bakcang tak lengkap tanpa mengupas tuntas berbagai jenis bakcang dari China.

Hari bakcang dirayakan pada tanggal lima bulan lima menurut penanggalan kalender China. Hari bakcang juga dikenal dengan sebutan festival peh cun. Tujuannya mengenang tokoh pejabat favorit di China yang bernama Qu Yuan.

Dalam festival peh cun, warga keturunan Tionghoa biasanya menyelenggarakan lomba perahu naga. Bakcang pun jadi sajian yang umum ditemui.

Bakcang punya sebutan lain di negara asalnya, China. Di sana bakcang dikenal sebagai zongzi. Bahan pembuatannya sama-sama beras ketan dengan beragam isian. Bentuknya juga limas segitiga dengan pembungkus berupa daun bambu.

Di China, bakcang terdiri dari berbagai jenis, namun pembeda umumnya adalah bakcang manis dan gurih.. Bakcang bisa berbeda di tiap provinsi dengan ciri khasnya masing-masing.

Dikutip dari China Highlights (12/6), inilah 7 jenis bakcang dari berbagai wilayah China:

1. Bakcang Guangdong dan Cantonese

Bakcang Guangdong secara umum berukuran lebih besar dan bentuknya spesifik. Untuk isiannya bisa manis dan gurih.

Isian bakcang manis seperti kacang walnut, kurma, dan pasta kacang. Lalu untuk bakcang gurih memakai ham, telur, daging, atau daging ayam panggang.

2. Bakcang Fujian

Hari Bakcang, Kenali 7 Jenis Bakcang dari Berbagai Wilayah ChinaHari Bakcang, Kenali 7 Jenis Bakcang dari Berbagai Wilayah China Foto: Getty Images/iStockphoto/insjoy

Ada 3 jenis bakcang paling populer di provinsi Fujian. Pertama, bakcang daging babi panggang yang juga dilengkapi jamur, udang kering, hingga biji teratai. Biasanya bakcang dimakan bersama bawang putih, mustard, dan saus cabai merah.

Kedua, bakcang soda yang dibuat dari beras ketan dan soda lye (sodium hidroksida). Biasanya bakcang ini didinginkan dan disimpan di kulkas. Untuk menikmatinya memakai tambahan madu dan sirup.

Ketiga, bakcang kacang yang sangat populer di Quanzhou. Bakcang ini memiliki isian beragam jenis kacang.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com