Viral Tukang Bakso Masak Mi Instan Berikut Bungkusnya, Netizen Pro Kontra

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Jumat, 04 Jun 2021 13:30 WIB
Viral Tukang Bakso Masak Mi Instan Berikut Bungkusnya, Netizen Pro Kontra Foto: TikTok @setif1e
Jakarta -

Video tukang bakso yang masak mie instan bareng bungkusnya ini viral di TikTok. Netizen memberi ragam tanggapan soal hal ini.

Menikmati semangkuk bakso paling enak bersama mi. Biasanya tukang bakso sudah menyediakan mi sendiri seperti mi kuning, bihun, atau soun. Namun untuk bakso cuanki, penjualnya memang tidak menyediakan mi.

Nah, bagi pembeli yang ingin makan bakso cuanki pakai mi, biasanya mereka membawa sendiri mi instan kemudian meminta pada tukang bakso untuk meraciknya. Seperti terlihat dalam akun TikTok @setif1e (29/5).

Videonya viral, bahkan sudah ditonton lebih dari 3,4 juta kali saat berita ini dibuat. Netizen ini memperlihatkan bagaimana tukang bakso cuanki pikul saat sedang merebus mi instan.

Viral Tukang Bakso Masak Mi Instan Berikut Bungkusnya, Netizen Pro KontraViral Tukang Bakso Masak Mi Instan Berikut Bungkusnya, Netizen Pro Kontra Foto: TikTok @setif1e

Mi yang dimasukkan ke dalam air panas itu ternyata masih berada dalam bungkusnya. Setelah mi matang, barulah tukang bakso mengangkatnya dan membuka bungkus mi dengan gunting.

Baca Juga: Bahaya Mie Instan, Makanan Susah Dicerna yang Picu Obesitas dan Hipertensi

Di kolom komentar, ramai netizen menanggapi video ini. Ada yang menganggap praktik ini lazim dilakukan, namun tak sedikit pula yang mengkhawatirkan efeknya untuk kesehatan.

"Itu sisi enaknya wkwk," ujar seorang netizen. "Perasaan udah lama deh abang-abang jualan gitu masak mienya emang gitu. Tapi enak-enak aja kok. Alhamdulillah gue masih hidup sampai sekarang," sahut netizen lain yang tak mempermasalahkan mi instan direbus bersama bungkusnya.

Untuk netizen yang khawatir dengan kesehatan, mereka mempertanyakan efek plastik yang direbus. Salah satunya berujar, "Gw bukan orang yang gampang ngeritik soal cara orang membuat makanan, tapi lihat ini gw melongo. Bukan masalah apa-apanya, ya kek itu plastik ?!! dan direbus?"

Diantara tanggapan ini, terselip juga komentar negatif yang dilayangkan netizen untuk pemilik video. Mereka beranggapan pemilik video seolah menjatuhkan usaha tukang bakso.

Viral Tukang Bakso Masak Mi Instan Berikut Bungkusnya, Netizen Pro KontraViral Tukang Bakso Masak Mi Instan Berikut Bungkusnya, Netizen Pro Kontra Foto: TikTok @setif1e

Baca Juga: Makan Mie Instan Tiap Hari, Wanita 20 Tahun Ini Kena Tumor Payudara

Menanggapi hal ini, @setif1e (2/6) menjawabnya dalam video lain. Ia mengatakan bukan bermaksud menjatuhkan usaha orang ataupun 'sok' higienis. Ia memang baru pertama kali melihat tukang bakso yang memasak mi instan bareng bungkusnya.

"Yang aku kaget tuh kuahnya sampai berubah warna agak hijau karena sebelum mi yang bungkus oren, ada mi yang bungkus ijo dan pewarna bungkus mi nya luntur ke kuah," ujarnya. Ia juga menjelaskan kalau tukang bakso itu sebenarnya tidak menyediakan mi, namun pembeli anak-anak meminta ia meracik mi instan bersama bakso.

Lalu bagaimana pendapat pakar kesehatan mengenai praktik merebus mi instan bareng bungkusnya? Dikutip dari detikhealth (17/1/20), ahli kimia Andreas mengatakan mi instan yang dimasak sekaligus dengan plastiknya akan membuat bahan kimia di dalamnya juga ikut larut.

"Dalam bungkus itu kan bahan materialnya ada plastik, kedua warna tinta packaging. Plastik kalau dimasukkan ke dalam air panas, otomatis banyak bahan kimia yang masuk ke dalam air rebusan tersebut," jelasnya.

Berapa Bungkus Mie Instan yang Boleh Dimakan Sehari? Ini Kata DokterViral Tukang Bakso Masak Mi Instan Berikut Bungkusnya, Netizen Pro Kontra Foto: Getty Images/PonyWang

Bahan kimia yang dimaksud antara lain ftalat atau phtahlate dan pewarna di dalam plastik yang disinyalir bisa memicu kanker. Faktanya, semakin tinggi suhu air rebusan, maka bahan kimia berbahaya pada plastik akan cepat larut.

Meski bungkus mi instan diberi logo 'PP 5' yang mengartikan plastik ini tahan panas, namun bukan berarti memasak mi instan dengan bungkusnya adalah praktik yang aman.

"Kalau plastiknya mungkin tahan panas, tapi zat toksiknya tetap bermigrasi," ucap Andreas. Ia pun menyarankan untuk memasak setiap makanan kemasan berdasarkan petunjuk yang ada.

Baca Juga: Viral Masak Mi Instan Bareng Bungkusnya dan Bahaya Plastik Dipanaskan

(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
DMentor
×
dMentor Setop Investasi Bitcoin Cs
d'Mentor Setop Investasi Bitcoin Cs Selengkapnya