Renyah! Croissant Toast, Kreasi Baru dari Pencipta Cronut Dominique Ansel

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood
Rabu, 02 Jun 2021 15:30 WIB
Renyah! Croissant Toast, Kreasi Baru dari Pencipta Cronut Dominique Ansel
Foto: Dominique Ansel Bakery/Dang Wen Li
Jakarta -

Nama Dominique Ansel mendunia setelah ia menciptakan cronut. Kini ia kembali dapat sorotan usai memperkenalkan croissant toast yang renyah enak.

Dominique Ansel adalah seorang pastry chef sukses kelahiran Prancis. Namanya dikenal luas berkat cronut, paduan croissant dan doughnut yang ia buat pada 2013.

Ansel lalu sukses mengembangkan bakery di banyak negara, termasuk Hong Kong. Di negara dengan julukan 'Pearl of Orient' ini, Ansel membuka Dang Wen Li di Harbour City, Kowloon, dan IFC Mall (dalam bentuk pop-up).

Dikutip dari South China Morning Post (31/5), bisnis bakery Ansel ini terbilang bagus meski di tengah pandemi Covid-19. Buktinya mereka kembali membuka cabang di H Queens, Queens Road Central.

Croissant toast jadi primadona

Renyah! Croissant Toast, Kreasi Baru dari Pencipta Cronut Dominique AnselRenyah! Croissant Toast, Kreasi Baru dari Pencipta Cronut Dominique Ansel Foto: Dominique Ansel Bakery/Dang Wen Li

Dalam rangka pembukaan gerai ini, Ansel memperkenalkan menu baru yang yang jadi primadona. Salah satunya croissant toast dalam dua rasa, sea salt dan maple.

Ansel masih mengusung konsep 'food hybrid' dimana ia menggabungkan dua makanan jadi satu yaitu croissant dan toast. Ansel mewujudkannya dalam bentuk roti panggang yang memakai adonan croissant.

Tekstur pastry ini kokoh sehingga perlu diiris dengan pisau roti sebelum dinikmati. Untuk rasa maple, bentuknya bundar, sedangkan rasa sea salt berbentuk kotak.

Tekstur luar croissant toast buatan Ansel terasa renyah, namun dalamnya lembut dengan rasa gurih 'buttery' yang enak.

Ansel menjelaskan, croissant toast rasa maple memiliki tekstur yang lebih seperti croissant. "Ini wangi tanpa banyak pemakaian gula. Pastry ini memiliki lapisan kulit yang enak dan rasa maple-nya terkaramelisasi," kata Ansel.

Untuk menikmatinya, croissant toast punya 'jodoh' istimewa yaitu topping alpukat, sayuran hijau, atau selai.

Baca Juga: Kisah Cronut yang Dibuat Tahun 2013 dan Baru Populer di Tahun 2019

Varian cronut terbaru

Renyah! Croissant Toast, Kreasi Baru dari Pencipta Cronut Dominique AnselRenyah! Croissant Toast, Kreasi Baru dari Pencipta Cronut Dominique Ansel Foto: Dominique Ansel Bakery/Dang Wen Li

Di Dang Wen Li, Ansel tetap memperkenalkan cronut yang menjadi ciri khasnya. Namun cronut tidak selalu tersedia di sini karena hanya ada pada Mei tahun lalu dan Mei tahun ini.

Cronut tahun ini terdiri dari dua rasa yaitu krim chrysanthemum dan selai blood peach. "Orang-orang bertanya pada saya mengapa saya tidak membawa cronut ke Hong Kong secara permanen, tapi saya ingin menghadirkan menu yang lebih mudah dijangkau, dimana tiap menu tersedia hari demi hari," ujarnya.

Ia melanjutkan, "Saya ingin membuat cronut di sini untuk periode pendek dalam rangka perayaan ulang tahun di bulan Mei supaya lebih spesial."

Ansel berharap gerai baru Dang Wen Li di H Queens ini bisa menunjukkan semua karya tim Dominique Ansel yang cantik. "Untuk menunjukkan kreasi saya di Prancis dan memahami pasar Hong Kong," tambah pria 43 tahun ini.

Baca Juga: Ini Dia 7 Kreasi Dessert Super Kreatif Buatan Dominique Ansel

Rahasia sukses bertahan di tengah pandemi

Ansel mengaku ada banyak faktor yang membuat usaha bakery-nya di Hong Kong bisa bertahan meski di tengah pandemi Covid-19.

"Tapi yang paling penting adalah jujur pada siapa diri kami dan kami sering mengganti menu," kata Ansel.

Salah satu menu Dang Wen Li yang fenomenal adalah koleksi 'Arround the World'. Ada banyak pastry yang terinspirasi Jepang, Prancis, Amerika Serikat, Thailand, dan Meksiko.

Rangkaian pastry tersebut kemudian dikemas dalam boks cantik yang desainnya seperti koper usang. Ada juga 'boarding pass' tiruan yang menyertainya.

Rencana buka cabang di negara Asia lain

Renyah! Croissant Toast, Kreasi Baru dari Pencipta Cronut Dominique AnselRenyah! Croissant Toast, Kreasi Baru dari Pencipta Cronut Dominique Ansel Foto: Dominique Ansel Bakery/Dang Wen Li

Ditanya soal rencananya membuka cabang di negara Asia lain, Ansel mengaku sudah dapat banyak tawaran dan tertarik. "Tapi kami konservatif dan tidak ingin terburu-buru. Kami ingin melayani pasar lokal," ujarnya.

Ia ingin mengeksplor negara lain, namun sangat hati-hati dalam memilih rekan bisnis untuk menjalankannya. Sebab Ansel ingin rekan bisnis dapat memahami 'brand value' mereka dan mempromosikannya dengan cara kreatif.

Baca Juga: Cheesecake Roti Panggang Keju dan Cronut Lemon Madu, Pastry Baru Dominique Ansel

(adr/odi)