Selain Kedelai, 5 Kacang Ini Enak dan Kaya Nutrisi Dibuat Tempe

Riska Fitria - detikFood Minggu, 30 Mei 2021 13:30 WIB
Selain Kedelai, 5 Kacang Ini Enak dan Kaya Nutrisi Dibuat Tempe Foto: iStock
Jakarta -

Tak melulu kacang kedelai, tempe juga bisa menggunakan jenis kacang-kacangan lainnya sebagai bahan baku. Ada kacang hijau hingga kacang koro.

Seperti yang disebutkan Driandro, Ilmuwan Pangan sekaligus pendiri Indonesia Tempe Movement, bahwa tempe bukan hanya sekadar makanan melainkan juga bisa dipakai sebagai kata kerja, yaitu 'menempe'.

Jadi, makanan tempe sebenarnya bukan dilihat dari bahan bakunya, tetapi dari proses fermentasi hingga menimbulkan jamur-jamur. Karenanya tempe juga bisa dibuat dengan jenis kacang-kacangan lainnya.

Kacang-kacangan tersebut juga kaya akan protein yang setara atau bahkan lebih tinggi daripada kacang kedelai. Soal rasa, tentunya memiliki citarasa tersendiri dan terbilang unik.

Berikut 5 jenis kacang sebagai bahan baku pembuatan tempe:

1. Kacang Koro

Selain Kedelai, 5 Kacang Ini Enak dan Kaya Nutrisi Dibuat TempeSelain Kedelai, 5 Kacang Ini Enak dan Kaya Nutrisi Dibuat Tempe Foto: detikFood

Kacang koro biasanya diolah dengan cara digoreng atau disangrai untuk dijadikan camilan. Namun, kacang jenis ini juga bisa diolah menjadi tempe. Kacang koro memiliki ukuran yang lebih besar dari kacang kedelai.

Tempe yang terbuat dari kacang koro biasanya ditemui di Yogyakarta. Kacang koro memiliki rasa yang gurih, sehingga lezat saat diolah menjadi tempe. Bukan hanya itu, kacang koro juga kaya akan nutrisi.

Mulai dari tiamin, zat besi, tembaga, fosfor, kalium dan magnesium. Selain itu, kacang koro merupakan sumber folat dan mangan, sehingga dapat meningkatkan sistem kekebalan, kesehatan jantung, dan membentuk sel darah merah.

Baca Juga : Tempe Akan Didaftarkan Jadi Warisan Budaya UNESCO, Ini Komentar Indonesia Tempe Movement

2. Kacang Tolo

Resep Tempe Goreng Tepung Renyah dan Tahan LamaSelain Kedelai, 5 Kacang Ini Enak dan Kaya Nutrisi Dibuat Tempe Foto: detikfood/Odilia

Selain sebagai camilan, kacang tolo umumnya diolah menjadi masakan seperti gulai dan sambal goreng krecek. Namun, kacang ini juga dapat dijadikan bahan baku untuk pembuatan tempe.

Berbeda dengan kacang koro, kacang tolo memiliki ukuran yang lebih kecil daripada kacang kedelai. Jika dibuat menjadi tempe, maka teksturnya lebih padat. Selain itu, jenis kacang ini juga punya kandungan protein yang tinggi.

Nutrisinya juga dilengkapi dengan kalsium,folat, serat dan masih banyak lagi. Khasiat yang diberikan dengan mengonsumsi kacangtolo adalah dapat mendorong penurunan berat badan, menjaga kesehatan pencernaan hingga melawan radikal bebas.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Masak Masak: Resep Tempe Goreng Ragout"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
DMentor
×
dMentor Setop Investasi Bitcoin Cs
d'Mentor Setop Investasi Bitcoin Cs Selengkapnya